Yuk! Jajan Soto Lamongan yang Gurih Mantap di 5 Tempat Ini

Riska Fitria - detikFood Jumat, 12 Jul 2019 12:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Soto ayam khas Lamongan Jawa Timur ini dilengkapi koya yang gurih. Ditambah nasi dan kerupuk, jadi menu makan siang mantap.

Soto Lamongan merupakan makanan khas kota Lamongan, Jawa Timur. Kuahnya bening tanpa santan dengan tambahan sayuran, irisan ayam, telur rebus dan koya. Di Jakarta ada banyak warung kaki lima yang menjajah soto ini. Meski kaki lima, rasanya tak kalah dengan bintang lima. Berikut 5 warung sederhana soto Lamongan yang ada di Jakarta.

1. Soto Lamongan Cak Setiawan
Yuk! Jajan Soto Lamongan yang Gurih Mantap di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Soto Lamongan milik Cak Setiawan ini berlokasi di jalan Prof Dr. Satrio, Jakarta Selatan. Tepatnya di bawah jembatan layang non-tol Kampung Melayu - Tanah Abang. Hanya berupa warung sederhana dengan gerobak khas soto lamongan dengan beberapa meja saja. Warung ini buka mulai dari jam 9 pagi hingga 4 sore dan selalu ramai saat menjelang makan siang.

Di sini Anda bisa menikmati soto Lamongan yang disajikan dengan sayuran, suun, ayam suwir telur lengkap dengan koya. Ada dua pilihan saat memesan soto, yaitu soto dengan nasi yang dicampur atau dipisah. Di sini Anda juga bisa meminta tambahan seperti cakar ayam. Harga yang ditawarkan juga terbilang mulai, yaitu Rp. 14.000 untuk soto pisah dan Rp. 15.000 untuk soto campur.

2. Soto Lamongan Pak Ali
Yuk! Jajan Soto Lamongan yang Gurih Mantap di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Jika Anda bergeser sedikit ke jalan Setiabudi Selatan, Anda akan menemukan warung soto yang dioperasikan oleh Pak Ali dan istrinya. Warung ini berada di tengah-tengah gedung-gedung tinggi di Jakarta. Terdapat dua meja yang disusun memanjang dan beberapa kursi saja. Meskipun begitu, warung soto ini selalu ramai setiap harinya.

Sama seperti soto Lamongan pada umumnya, soto di sini juga dilengkapi dengan sayuran seperti irisan kol dan tauge. Ditambah suun, irisan ayam, telur dan koyah. Anda juga bisa menambah tambahan lain seperti balungan, cakar, sayap dan kepala ayam. Untuk satu porsi soto campur nasi dibanderol seharga Rp. 11.000 dan soto pisah nasi seharga Rp. 13.000.


Baca Juga : Pagi-pagi Enaknya Sarapan Soto Murah Enak di 5 Tempat Ini

3. Soto Lamongan Mbak Yam
Yuk! Jajan Soto Lamongan yang Gurih Mantap di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Soto Lamongan yang satu ini disajikan dalam warung yang terletak di rumah Mbak Yam sendiri. Yakni berlokasi di Jalan Anggrek 3, Kuningan Jakarta Selatan. Karena berada di rumah, warung soto ini buka mulai dari pagi pukul 8 hingga pukul 9 malam. Anda juga bisa memesan ati ampla sebagai tambahan. Satu porsi soto campur komplet dibanderol seharga Rp. 25.000 sedangkan soto pisah seharga Rp.20.000.

Selain soto Lamongan, warung milik Mbak Yam ini juga menyajikan beberapa makanan enak lainnya khas Jawa Timur, seperti pecel lele, ayam bakar dan ayam goreng. Biasanya warung ini dipenuhi oleh anak kuliahan, karena lokasinya yang berdekatan dengan kampus Perbanas, Jakarta Selatan.

4. Soto Lamongan Yu Patri
Yuk! Jajan Soto Lamongan yang Gurih Mantap di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Di Jakarta Pusat tepat berada di samping mall citywalk juga ada warung soto Lamongan kaki lima. Penjualnya dikenal dengan panggilan Yu Patri. Warung soto Lamongan ini belum lama berdiri di sini. Meskipun begitu warung yang beralamat di jalan Kh. Mas Mansyur ini sudah banyak mendapat pelanggan.

Sama seperti yang lain, ada soto campur dan soto pisah. Untuk satu porsi soto campur dibanderol seharga Rp. 12.000 dan untuk soto pisah seharga Rp. 14.000. Berjejeran dengan warung makan lainnya, warung ini selalu jadi incaran karena racikan sotonya yang gurih dan bikin nagih.

5. Soto Lamongan Kak Man
Yuk! Jajan Soto Lamongan yang Gurih Mantap di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Satu lagi warung soto Lamongan sederhana tapi enak ini ada di Jalan Latuharhari. Tepatnya berada di dekat gedung Komnas HAM, Jakarta Pusat. Sajian sotonya dikenal maknyus dengan perasan jeruk nipis yang bikin seger. Soto ini disajikan sendiri oleh pemilik warung yang dikenal dengan panggilan Kak Man.

Berisi sayuran kol yang diiris tipis, tauge,dan suun putih, soto Lamongan ini juga punya irisan ayam yang tebal. Biasanya pembeli boleh memesan bagian tertentu dari daging ayam, seperti kulit ataupun jeroan untuk tambahannya. Satu porsi soto sampur dibanderol seharga Rp.12.000 dan untuk soto pisah Rp. 15.000. Nikmat dimakan bersama kerupuk yang renyah.

Baca Juga : Diadaptasi dari Kuliner China dan Diracik dengan Bumbu Lokal Jadi Sajian Unik

Simak Video "Merasakan Segarnya Laksa Tangerang yang Tak Ada Duanya"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)