Jago Masak, Istri Denny 'Cagur' Bagikan Resep Seblak Ceker Super Pedas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 11 Jul 2019 15:30 WIB
Foto: Instagram shantydenny Foto: Instagram shantydenny
Jakarta - Istri Denny 'Cagur', Shanty terkenal jago masak. Salah satu resep andalannya adalah seblak ceker ala Sunda yang super pedas. Mau tahu cara bikinnya?

Saking jagonya masak, Shanty dan suaminya bahkan membuat restoran Dapoer Bang Jali yang memperkenalkan menu-menu andalan bikinan Shanty. Wanita Sunda ini lihai dalam membuat berbagai hidangan tradisional Sunda yang gurih dan pedas.

Baru-baru ini melalui saluran YouTubenya, Shanty bagikan resep seblak ceker. "Hari ini teteh di rumah aja seperti biasa. Ngurus anak, beres-beres, ngurus suami. Dan sekarang sore-sore lagi santai kedatangan sahabat teteh," katanya di awal video.

Jago Masak, Istri Denny 'Cagur' Bagikan Resep Seblak Ceker Super PedasFoto: YouTube Shanty Denny

Baca Juga: Dapoer Bang Jali: Huah! Pedasnya Ayam Jali-jali dan Kikil Cabe Ijo ala Denny Cagur

Ibu dua anak ini lalu membuatkan seblak ceker untuk teman-teman dan keluarganya. "Bahan-bahannya, kita harus punya yang utama itu kerupuk. Kerupuknya direndem dulu. Terus pakai ceker. Cekernya terbalut putih-putih itu adalah air kaldu. Jadi cekernya itu dari kulkas, sebelumnya sudah dipresto lalu dimasukkin freezer," kata Shanty.

Menurut Shanty, membekukan ceker dalam freezer adalah solusi terbaik untuk menyimpannya. "Kalau gue beli ceker, misalkan berapa kg nih. Gue presto semuanya. Gue bungkusin satu-satu. Di plastik, ditaruh di dalam freezer. Jadi kalau mau masak nggak ribet lagi. Kita punya stok, lebih praktis," cerita wanita asal Garut ini pada temannya.

Jago Masak, Istri Denny 'Cagur' Bagikan Resep Seblak Ceker Super PedasFoto: YouTube Shanty Denny

Sementara untuk bumbu seblak, Shanty memakai cabai rawit hijau, bawang putih, dan kencur. Ia mengatakan kencur adalah bumbu wajib dalam seblak Sunda. "Kita tambahin bakso aci juga yang kita bikin kemarin," sambungnya. Bahan lain adalah irisan kol, garam, dan bumbu penyedap.

Pertama, buat bumbu halus yang terdiri dari cabai rawit merah dan rawit hijau serta kencur. Wanita yang jago nyanyi ini mengatakan, "Sekarang tinggal ditumis. Tunggu minyaknya sampai panas. Tumis sampai wangi. Kita masukkin ceker dulu karena ada kaldunya. Masukkin bakso acinya juga sekalian karena dari kulkas."

Jago Masak, Istri Denny 'Cagur' Bagikan Resep Seblak Ceker Super PedasFoto: YouTube Shanty Denny

Baca Juga: Hits Banget! Ini Gaya Shanty, Istri Denny Cagur Saat Kulineran

Tambahkan juga telur dan kerupuk yang sudah direndam. "Biasanya apa saja gue campur-campur untuk isian seblak," jelas Shanty. Ia juga sempat mengatakan kalau mau warna seblak lebih menggoda, pakai cabai keriting karena menghasilkan warna lebih merah.

Terakhir, masukkan kol lalu masak semua bahan seblak sampai matang. Terlihat bumbunya berkurang dan mengental. "Rasanya enak banget. Beda sama yang dibikinin Mbak aku di rumah," komentar salah satu teman Shanty sambil mencicip seblak.

Jago Masak, Istri Denny 'Cagur' Bagikan Resep Seblak Ceker Super PedasFoto: YouTube Shanty Denny

Video "RESEP MEMBUAT SEBLAK SEKALIAN BELAJAR BAHASA SUNDA DAN GORONTALO" ini sudah ditonton lebih dari 150 ribu kali. Banyak netizen menyukai aksi Shanty saat masak karena diselingi candaan bahasa Sunda.

"Aduuuh teteh mantaaappp pisaan seblak lada... Ieu mah calon youtuber suksesss katingal naa..Lovelah teteh.. AamiinπŸ‘πŸ‘πŸ˜˜πŸ˜˜," kata seorang netizen. Nah, kamu tertarik bikin resep seblak ala Shanty Denny?



Simak Video "Hits! Donat Kekinian Rasa Klepon dan Es Pisang Ijo"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)