Dapoer Bang Jali: Huah! Pedasnya Ayam Jali-jali dan Kikil Cabe Ijo ala Denny Cagur

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 25 Feb 2019 11:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Denny Cagur punya resto yang tawarkan menu Nusantara serba pedas. Ada ayam jali-jali, jengkol balado, plus kikil cabe ijo yang enak dipadukan nasi hangat!

Mau makan siang nikmat di kawasan Margonda? Dapoer Bang Jali milik komedian Denny Cagur bisa jadi pilihan. Lokasinya ada di Jalan Margonda Raya, di samping Whats Up Cafe yang lebih dulu populer.

Restoran yang diresmikan September 2018 ini mudah dikenali dengan papan bergambar Denny Cagur di bagian depan. Mengenai bangunannya, Dapoer Bang Jali menempati ruko dua tingkat. Area santapnya ada di bawah dan atas dengan sistem pemesanan sendiri alias self-service.

Dapoer Bang Jali: Huah! Pedasnya Ayam Jali-jali dan Kikil Cabe Ijo ala Denny CagurFoto: dok. detikFood

Pengunjung bisa memilih sendiri ragam lauk khas Betawi dan Sunda sebagai pelengkap nasi. Hanya saja perlu diingat, rata-rata menu di sini pedas menyengat! Terlihat dari baluran cabai merah maupun hijau di deretan lauknya.

Oh ya, harga bersantap di sini berdasarkan porsi lauk pilihan pengunjung. Meski begitu, tersedia juga paket hemat seharga Rp 25.000 berisi nasi, satu sayur, satu lauk, dan satu tahu atau tempe.

Kami memesan seporsi nasi (Rp 5.000) dengan lauk per setengah porsi ayam jali-jali (Rp 10.500), tumis kangkung (Rp 5.000), tumis cumi asin (Rp 12.500), dan kikil cabe ijo (Rp 9.500). Tak ketinggalan udang balado (Rp 12.500) dan jengkol balado (Rp 7.500) dalam piring terpisah.

Dapoer Bang Jali: Huah! Pedasnya Ayam Jali-jali dan Kikil Cabe Ijo ala Denny CagurFoto: dok. detikFood

Ayam Jali-jali merupakan salah satu menu andalan Dapoer Bang Jali. Berupa fillet ayam potongan dadu yang ditumis bersama cabe rawit merah dan cabe merah besar. Tekstur ayamnya empuk dengan sentuhan pedas yang lumayan kuat. Huaahh!

Penggemar cumi asin harus coba kreasi Dapoer Bang Jali. Setengah porsinya berisi sekitar 5 potong cumi asin yang kenyal lembut. Cumi lantas ditumis dengan sambal ijo dalam jumlah cukup royal. Pemakaian cabe ijo membuat hentakan pedas menu ini tak terlalu kuat, namun tetap enak karena aroma sambalnya lebih aromatik.

Dapoer Bang Jali: Huah! Pedasnya Ayam Jali-jali dan Kikil Cabe Ijo ala Denny CagurFoto: dok. detikFood

Kikil cabe ijo juga puaskan selera. Racikan cabe ijonya sama dengan cumi, hanya saja menggunakan potongan kikil persegi sebagai primadona. Enaknya, kikil ini tidak alot melainkan lembut, kenyal, dan juicy. Makin enak dilahap bersamaan dengan seluruh lauk.

Sebagai penawar pedas, ada tumis kangkung yang renyah segar. Balutan bumbunya gurih dengan jejak rasa bawang putih dan merica yang kuat. Hanya sayang kangkungnya kecokelatan, sedikit over cooked.

Masih belum puas dengan yang pedas, kami melahap jengkol balado di sini. Kepingannya lumayan besar dengan tekstur empuk mirip kentang. Masih tercium aroma dan rasa jengkol yang khas meski tak terlalu kuat. Benar-benar pas jadi jodoh nasi hangat!

Dapoer Bang Jali: Huah! Pedasnya Ayam Jali-jali dan Kikil Cabe Ijo ala Denny CagurFoto: dok. detikFood

Udang baladonya enak meski tak terlalu istimewa. Adanya kulit udang membuat teksturnya jadi keras. Bagi kami yang tak menyukainya pun harus melepaskan kulit udang satu per satu.

Selain yang kami pesan, Dapoer Bang Jali masih punya banyak pilihan menu pedas mantap. Diantaranya telur puyuh balado, cumi hitam, kembung balado ijo dan teri pete kacamata. Rata-rata dibanderol mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 14.500 per porsi.

Tersedia juga layanan pemesanan via ojek online, sehingga bisa jadi pilihan makan siang pas hari ini. Pencinta sajian pedas dan makanan rumahan wajib coba nih!

Dapoer Bang Jali
Jalan Margonda Raya No. 455



Tonton juga: Menjajal Menu Khas Nusantara Serba Pedas di "Dapoer Bang Jali"

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)