Dulu Curi Bibit Pohon Durian, Pria Ini Jadi Pengusaha Durian Sukses

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 09 Jul 2019 17:40 WIB
Foto: Suzane Lee - The Times Foto: Suzane Lee - The Times
Jakarta - Pengusaha durian sukses asal Malaysia ini punya perjalanan yang panjang. Dulu ia sempat mencuri batang pohon durian.

Tan Eow Chong merupakan pengusaha asal Malaysia. Dulu ia tak sengaja mencicipi durian yang dijual di pinggir jalan, setelah itu ia memutuskan untuk mulai menanam buah durian di halaman rumahnya. Tentu saja semuanya tak semudah yang ia kira.

Baca Juga: Ini Asal Usul dan Ciri Durian Musang King yang Tersohor Lezat Rasanya
Dulu Curi Bibit Pohon Durian, Pria Ini Jadi Pengusaha Durian SuksesFoto: Suzane Lee - The Times

Dilansir dari LA Times (04/07), saat itu Tan bertanya kepada penjual durian tersebut, apa boleh ia meminta bibit pohon durian, agar ia bisa menanamnya di rumahnya. Tentu saja penjual itu menolak, sehingga akhirnya dia memutuskan untuk mencuri bibit durian tersebut yang masih berbentuk batang kecil. Tan pun sukses mengambil bibit durian itu, dan mulai menanamnya.

Bermodalkan pengalamannya yang sudah bertani sejak kecil, ia mulai fokus menanam durian di rumahnya. Ia juga handal dalam menggabungkan dua bibit durian, sehingga rasa duriannya jadi lebih enak dan unik dibandingkan durian lainnya.

Setelah 35 tahun ia baru menuai sukses dari hasil kerja kerasnya. Ternyata bibit durian yang ditanamnya, merupakan durian Musang King yang digemari banyak orang.
Dulu Curi Bibit Pohon Durian, Pria Ini Jadi Pengusaha Durian SuksesTan Eow Chong . Foto: Suzane Lee - The Times

Kesuksesannya tak lepas dari meningkatnya popularitas Musang King di China, dan peminat durian ini semakin banyak. Meski sering dianggap sebagai buah yang paling tidak disukai karena aromanya yang menyengat, tapi Tan menjelaskan bahwa di situlah letak ciri khas dari durian.

Dulu pasar durian di Malaysia masih secara lokal saja, sehingga pertumbuhan bisnisnya sedikit lambat. Tan harus bersaing dengan para produsen durian Thailand, yang merajai ekspor durian terbesar di dunia.

Untungnya saat itu seorang pengusaha kaya asal China, bernama Stanley Ho membeli 88 durian Musang King menggunakan pesawat pribadi miliknya di tahun 2010. Awalnya Stanley mau membeli 98 buah durian Musang King, tapi ternyata persediaannya sudah habis.
Dulu Curi Bibit Pohon Durian, Pria Ini Jadi Pengusaha Durian SuksesFoto: Suzane Lee - The Times

Stanley membeli durian Musang King spesial untuk diberikan ke pengusaha kaya lainnya. Kabar ini menyebar cepat hingga ke China, sehingga orang-orang mulai berbondong-bondong mencari Musang King.

Karena fenomena Musang King ini, bisnis Tan semakin besar dan berkembang. Ia mengirim durian-duriannya ini ke China selama enam tahun terakhir. Kini Tan berhasil menjadi salah satu pengusaha durian yang paling sukses di Malaysia. Ia bahkan dijuluki sebagai rajanya durian.

Baca Juga: Johor Punya Durian Premium Baru, Rasanya Disebut Lebih Enak dari Musang King!




Simak Video "Bolu Gulung Durian Medan yang Manis Legit"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)