Ragam Olahan Nasi

Dari China Selatan, Nasi Kini Jadi Makanan Pokok Berbagai Negara

Sonia Basoni - detikFood Senin, 08 Jul 2019 15:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Ragam Olahan Nasi
Jakarta - Nasi sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Pertama kali dimakan di China, kini nasi sudah mendunia dengan olahan bumbu lokal yang menarik.

Menurut Rice Pedia (08/07), nasi berasal dari tanaman padi yang dikenal dengan nama Oryza Sativa L. Tanaman padi ini memiliki banyak varietas padi liar, yang banyak ditemukan di China Selatan.

Banyak yang percaya bahwa orang-orang di China Selatan sudah menanam padi sejak 6000 tahun sebelum masehi. Cara bertani padi ini kemudian ditiru oleh orang orang yang ada di Vietnam, Thailand, dan India. Tentunya penyebaran ini semakin berkembang, hingga nasi menjadi makanan pokok yang di Indonesia, negara-negara di Asia hingga negara lainnya.
Foto: iStock

Ada beragam jenis beras, seperti beras putih, merah, cokelat, hingga beras hitam. Nasi tak sekedar jadi makanan pokok saja, berbagai olahan makanan dari nasi bermunculan dan memiliki ciri khasnya sendiri di setiap negara.

Indonesia yang dikenal dengan nasi sebagai makanan pokok. Ada beragam olahan nasi tradisional yang enak. Seperti di pulau Jawa, ada nasi bogana, nasi liwet, nasi megono, hingga nasi kuning.

Sementara di Sumatra Barat ada nasi kapau, nasi jenggo dari Bali, nasi minyak yang terkenal di Jambi dan Palembang, hingga nasi Subut dari Kalimantan Timur.
Foto: iStock
Negara tetangga seperti Malaysia hingga Thailand juga punya olahan nasi yang tak kalah unik. Seperti nasi lemak dari Malaysia, nasi briyani yang populer di Singapura, hingga nasi telur dari Thailand.

Di daratan China, ada hidangan nasi seperti lo mai gai hingga cai fan sudah menjadi ikon kuliner. Tak jauh berbeda dari Jepang yang punya hidangan nasi enak donburi, dan Korea yang terkenal dengan bimbimbapnya yang isiannya komplet.

Untuk sajian nasi dari wilayah Timur Tengah, ciri khasnya terletak pada penggunaan rempah,yang kuat aromanya dengan potongan daging ayam, kambing dan tambahan kismis. Salah satunya ada nasi mandhi, briyani, dan kebuli.

Nasi juga dikenal sampai ke benua Amerika dan Eropa. Di Amerika contohnya ada hidangan nasi Loco Moco khas Hawaii yang gurih, hingga Jamabalaya dengan paduan seafood yang menarik.
Foto: iStock

Sementara menurut catatan sejarah, bangsa Moor, yaitu orang-orang muslim dari Afrika Utara menyebrang ke benua Eropa dengan membawa beras ke Semenanjung Iberia yang ada di barat daya Eropa pada abad 10.

Sehingga banyak tumbuhan padi yang tumbuh di Valencia dan Majorca, Spanyol. Muncul lah hidangan ikonik Paella dari Spanyol, yang terbuat dari nasi berbumbu saffron disajikan dengan aneka seafood dan sayuran.

Di ulasan kali ini detikFood akan membahas tuntas tentang beragam olahan nasi dari seluruh dunia. Mulai dari membahas tentang nasi tradisional, hingga olahan nasi mancanegara seperti Paella.

Baca Juga: Ini 10 Sarapan Nasi Tradisional yang Populer, Kamu Suka yang Mana?

Simak Video "Variasi Nasi Ceplok dan Dadar Kuah Spesial ala Nasi Mamak"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Ragam Olahan Nasi