Ini 4 Trik Merebus Telur Agar Matang Sempurna

Riska Fitria - detikFood Jumat, 05 Jul 2019 05:41 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Merebus telur terlihat gampang. Nyatanya masih banyak orang merebus telur hingga kuningnya kebiruan atau sulit dikupas.

Telur rebus jadi pilihan buat sarapan praktis. Terlihat sangat mudah memask telur dalam air. Tetapi ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Meski terlihat mudah, merebus telur juga ada triknya. Agar telur rebus dapat matang dengan sempurna, ikuti 4 trik ini!

Baca juga : Mudah dan Cepat, Begini Trik dan Kupas Telur yang Benar

1. Merebus
Ini 4 Trik Merebus Telur Agar Matang SempurnaFoto: iStock

Kebanyakan orang merebus telur dengan cara menaruh telur dalam panci berisi air dingin lalu memasak hingga air mendidih beberapa menit. Dengan cara ini kulit telur sulit dikupas. Karena selaput putih menempel pada putih telur. Bukan hanya itu, Anda juga akan mendapatkan putih telur yang tidak lembut dan kuning telur yang tidak matang dengan merata.

Sebaiknya rebus air dalam panci hingga mendidih bergolak lalu masukkan telur dalam air mendidih dan tutup panci. Diamkan selama 11 menit. Karena hentakan panas selaput tipis telur akan terlepas dari putih telur sehingga telur mudah dikupas.

2. Mengukus
Ini 4 Trik Merebus Telur Agar Matang SempurnaFoto: iStock

Ternyata merebus telur bukan cara yang disarankan, karena proses perebusan dapat membuat telur tidak matang secara merata. Selama perebusan cangkang dan putih telur meresap panas yang dihasilkan dari rebusan tersebut. Karenanya putih telur menjadi keras dan kenyal. Selain itu kuning telur bisa berwarna hijau keabu-abuan.

Sebaiknya kukus telur dalam kukusan yang sudah dipanaskan, selama 11 - 12 menit. Setelah itu angkat dari kukusan rendam air es hingga dingin lalu kupas.Dengan begitu Anda akan mendapatkan telur dengan putih yang lembut, juga mudah dikupas.

3. Rendam air es
Ini 4 Trik Merebus Telur Agar Matang SempurnaFoto: iStock

Masukkan telur rebus yang baru diangkat ke dalam es. Hal ini bukan agar telur dingin dan mudah dikupas tetapi berfungsi untuk mencegah telur menyusut perlahan dari cangkang. Jika tidak didinginkan, telur akan memiliki divot atau kantong udara yang membuat tampilannya tidak bulat penuh.

4. Telur bersuhu ruang
Ini 4 Trik Merebus Telur Agar Matang SempurnaFoto: iStock

Umumnya telur disimpan dalam lemari es. Sebelum direbus atau dikukus keluarkan dari lemari es dan diamkan hingga bersuhu ruang. Ini membantu proses perebusan lebih cepat.

Selain itu perhatikan juga usia telur, telur yang masih baru biasanya memiliki kuning telur yang bulat dan putih telur merata. Sementara telur dari supermarket biasanya sudah tua atau lebih dari 5 hari setelah keluar dari induknya. Telur ini akan lebih besar kuningnya dan rongga udara membuat cekungan besar di ujung telur saat telur matang.

Baca juga: Ini 5 Cara Gampang Mengupas Telur Rebus

Simak Video "Tips Bikin Nugget Ayam Enak yang Beda!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)