Mudah dan Cepat! Begini Trik Rebus dan Kupas Telur yang Benar

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 18 Apr 2019 05:38 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Membuat telur rebus tampak mudah. Tapi apabila kematangan, hasilnya tentu akan lebih keras. Agar pas dan enak, ikuti beberapa trik mudah ini.

Telur matang sempurna biasanya digunakan untuk resep deviled egg atau disajikan sebagai olahan makanan tradisional seperti telur balado. Namun, sering kali ketika Anda merebus telur bagian kulitnya sudah retak saat proses merebus.

Ada dua masalah utama yang terjadi saat membuat telur rebus. Pertama, pinggiran kuning telur berwarna hijau keabu-abuan dan tidak kuning sempurna. Kedua, kulit telur tak mudah dikupas yang membuat permukaan telur hasilnya tidak mulus.

Supaya bisa membuat telur rebus sempurna, ada beberapa trik dari laman Sunset.

Baca Juga: Ini Trik Jitu Bikin 5 Olahan Telur Enak dan Praktis Untuk Sarapan

1. Siapkan peralatan

Selain menyiapkan telur. Sebelum memasak, Anda harus menyiapkan peralatan sederhana seperti panci bertutup, saringan dan es batu.

Mudah dan Cepat! Begini Trik Rebus dan Kupas Telur yang BenarFoto: Istimewa

2. Ukuran panci

Jika Anda ingin merebus telur dalam jumlah yang banyak, Anda harus menggunakan panci besar dan air yang cukup sehingga seluruh bagian telur akan tertutupi dengan air. Tetapi apabila Anda hanya ingin merebus telur satu atau dua, gunakan panci kecil.

3. Rebus telur

Letakkan telur pelan-pelan ke dalam air mendidih dengan menggunakan saringan. Lalu jangan turunkan api kompor, jangan diaduk, jangan tambahkan soda kue, garam atau bumbu masak lainnya. Lalu tunggu sampai 10 menit.

Mudah dan Cepat! Begini Trik Rebus dan Kupas Telur yang BenarFoto: Istimewa

4. Berhenti merebus

Pertama, siapkan air dingin atau es batu. Kemudian tiriskan telur dengan menggunakan saringan. Lalu letakkan panci bekas merebus tersebut ke wastafel, masukkan telur kembali, lalu letakkan es batu didalamnya dan tambahkan air dingin. Hal ini dapat menghentikan telur terlalu matang karena panas dari sisa proses perebusan.

Tidak masalah apabila tidak menggunakan es batu. Bisa dengan air keran lalu biarkan air mengalir terus selama satu atau dua menit.

Mudah dan Cepat! Begini Trik Rebus dan Kupas Telur yang BenarFoto: Istimewa

5. Kupas telur

Pertama, tiriskan sebagian air dari panci, lalu tutup. Goyangkan panci perlahan sehingga telur akhirnya mengelupas lalu isi panci dengan air lagi. Mulailah kupas di bawah air keran.

Anda bisa juga menggosok telur dengan kedua tangan, kemudian setelah cangkang mulai retak, air akan lebih mudah mengupasnya.

Baca Juga: 8 Cara Goreng Telur Untuk Pecinta Telur (lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com