Begini Cara Bikin Daftar Belanja Makanan yang Efektif

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 03 Jul 2019 12:40 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Daftar belanja makanan penting untuk membuat kegiatan belanja efektif. Ada hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat daftar belanja makanan.

Saat belanja bulanan, sering kali Anda lupa beli suatu barang padahal sudah habiskan banyak waktu. Yang juga sering terjadi adalah Anda malah membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Hal ini terjadi karena Anda tidak menyiapkan daftar belanja makanan yang tepat.

Jika Anda masih sering mengalami hal itu, maka Anda perlu mengatur daftar bahan makanan yang akan dibeli. Dilansir dalam Times of India (24/6), berikut adalah serangkaian tips yang bisa Anda ikuti.


Begini Cara Bikin Daftar Belanja Makanan yang EfektifFoto: iStock

1. Jangan menunggu sampai akhir bulan

Catat setiap produk yang akan segera habis di dapur. Kemudian tulis di kertas tempel sehingga pada akhir bulan Anda tidak perlu kebingungan mencari tahu barang mana yang telah habis di bulan tersebut. Cara ini memastikan tidak ada bahan dapur penting yang ketinggalan dibeli.

2. Instal aplikasi

Salah satu cara efektif lain adalah dengan menginstall aplikasi khusus. Unduh aplikasi khusus daftar belanja bahan makanan di ponsel Anda. Kemudian Anda bisa atur pengingat di ponsel Anda setiap kali Anda mengingat apa yang ingin Anda beli untuk bulan berikutnya. Sehingga ketika Anda sedang menulis bahan yang ingin dibeli, aplikasi dapat mengingatkan bahan apa yang terlewatkan.

Begini Cara Bikin Daftar Belanja Makanan yang EfektifFoto: iStock

3. Belanja sesuai budget

Pastikan jumlah pengeluaran yang ingin Anda belanjakan untuk bahan makanan bulanan. Bawa juga uang tunai dalam jumlah yang pas. Jangan gunakan kartu, karena Anda bisa saja menghabiskan lebih dari jumlah pengeluaran yang telah Anda tentukan.

4. Abaikan harga miring atau diskon

Salah satu hal terberat yang harus dilakukan saat berbelanja di mal atau bahkan online adalah konsisten terhadap yang ingin dibeli. Karena dengan melihat barang lain apapun dengan harga yang murah, tentu akan membuat Anda ingin membelinya. Padahal ini adalah taktik pemasaran yang biasanya digunakan untuk menarik perhatian para penggemar belanja. Dan akhirnya, Anda akan membeli bahan makanan yang sebenarnya tidak diperlukan.

Begini Cara Bikin Daftar Belanja Makanan yang EfektifFoto: iStock

5. Jangan belanja dengan terburu-buru

Sebelum Anda ingin belanja bulanan, periksa kembali daftar catatan Anda, apakah sudah benar-benar dibutuhkan atau tidak. Belanja dengan tenang dan jangan terburu-buru. Serta periksa kembali keranjang Anda sebelum membayarnya di kasir.



Simak Video "Rahasia Kenikmatan Tahu Gejrot Bang Jack"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)