Lidah Terbakar Usai Santap Makanan Pedas? Minum Susu dan Soda Sebagai Obatnya

Devi Setya - detikFood Jumat, 28 Jun 2019 19:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Makanan pedas memang bisa menambah selera makan tapi kalau terlalu seru, lidah bisa terbakar kepedasan. Sebagai obatnya, minum susu atau soda.

Dikabarkan Metro (28/6) saat lidah kepedasan, orang akan panik meminum apapun yang ada di dekatnya. Kalau asal minum, pedas di lidah bukannya menghilang justru semakin membuat lidah terasa terbakar.
Lidah Terbakar Usai Santap Makanan Pedas? Minum Susu dan Soda Sebagai Obatnya Foto: iStock

Baca juga : 5 Makanan Ini Lebih Pedas Dibanding Lidah Pedas Bahar bin Smith

Saat lidah merasa terbakar karena makanan pedas, jangan pernah memilih air dingin untuk meredakannya. Pilih segelas soda ataupun susu karena menurut penelitian, dua minuman ini ampuh menjadi obat pereda rasa pedas.

Peneliti dari Penn State University baru-baru ini menguji tujuh jenis minuman yang paling ampuh mengusir rasa pedas. Penelitian ini melibatkan 72 peserta yang meminum Bloody Mary yang sangat pedas lalu kemudian mereka meredakannya dengan aneka minuman.

Ada 7 jenis minuman yang dicoba untuk meredakan rasa pedas mulai dari air, minuman soda, bir, susu skim hingga susu murni. Dari deretan minuman ini terbukti, susu murni adalah obat paling ampuh sebagai pereda rasa pedas. Kemudian diikuti dengan minuman soda, susu skim dan terakhir coca-cola.
Lidah Terbakar Usai Santap Makanan Pedas? Minum Susu dan Soda Sebagai Obatnya Foto: iStock

Dengan melihat hasilnya, para peneliti mengatakan susu murni bekerja sangat cepat dalam mengusir rasa pedas. Kandungan protein pada susu bisa mengalahkan zat capcaisin yakni sumber rasa pedas.

Baca juga : Penggemar Makanan Pedas Terbukti Punya Gairah Seks Lebih Tinggi

Sementara minuman yang paling buruk diminum ketika kepedasan adalah bir. Minuman beralkohol ini justru membuat lidah merasa lebih terbakar.

Berdasarkan penelitian ini, disarankan jika hendak makan hidangan super pedas cobalah bekali diri dengan segelas susu atau minuman soda. Hindari air dingin, apalagi bir.



Simak Video "Pedas Nampol Hidangan Sode Udang Khas Kutai"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)