Ini Caranya Agar Kentang Cepat Empuk Saat Direbus

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 28 Jun 2019 11:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kentang merupakan umbi yang banyak diolah jadi masakan. Merebus kentang juga perlu trik agar lebih cepat empuk.

Kentang bisa disimpan dalam waktu panjang serta bisa diolah menjadi beragam sajian. Salah satu yang paling sederhana adalah direbus. Meski terlihat gampang merebus kentang perlu waktu beberapa lama agar seluruh umbi empuk atau lunak.

Dilansir dalam NDTV Food (25/6), inilah beberapa tips supaya kentang lebih cepat empuk saat direbus.

Baca Juga: Tanpa Alat, Begini Cara Gampang Kupas Kentang

1. Merebus dengan microwave

Ini Caranya Agar Kentang Cepat Empuk Saat DirebusFoto: iStock

Cuci kentang hingga bersih lalu taruh wadah yang aman untuk microwave. Tuangkan air yang banyak hingga kentang terendam, kemudian tutup lalu masukan ke dalam microwave. Masak dengan panas maksimal selama 2-3 menit, tergantung pada jumlah kentang.

Dengan cara ini, selain menghemat waktu, Anda akan tetap mendapatkan hasil dari kentang rebus yang sama seperti yang Anda lakukan dengan kompor.

2. Tusuki kentang

Ini Caranya Agar Kentang Cepat Empuk Saat DirebusFoto: iStock

Sebelum merebus kentang, tusuki kentang dengan garpu atau ujung pisau di beberapa bagian tanpa harus mengupasnya. Dengan cara ini akan membuat kentang lebih cepat mendidih.

3. Kentang dadu

Ini Caranya Agar Kentang Cepat Empuk Saat DirebusFoto: iStock

Jika akan merebus kentang ukuran dadu, biasanya orang merebus kentang dulu baru memotong dadu. Padahal Anda bisa potong kentang ukuran dadu terlebih dahulu, baru direbus. Dengan cara ini, kentang akan lebih cepat mendidih.

4. Merebus dengan panci

Ini Caranya Agar Kentang Cepat Empuk Saat DirebusFoto: iStock

Jika tidak menggunakan microwave, Anda bisa merebus dengan panci biasa. Pertama rebus air dalam panci hingga mendidih. Cuci kentang hingga bersih, masukkan ke dalam air mendidih dan masak hingga kentang empuk.

Kentang yang dimasukkan dalam air mendidih akan matang lebih cepat. Cara ini bisa dilakukan untuk kentang utuh ataupun kentang yang sudah dikupas dan dipotong dadu.

Baca Juga: Misterius! Mangkuk Berisi Kentang Tumbuk Selalu Bermunculan di Perumahan Ini



Simak Video "Kenikmatan Hakiki! Makan Es Krim Sambil Selfie di Museum"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)