Kenapa Makanan Sisa yang Disimpan Terasa Lebih Enak?

Shara Azzahra - detikFood Kamis, 27 Jun 2019 11:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Makanan sisa mungkin terdengar tidak menggugah selera, namun ternyata banyak makanan yang lebih enak setelah disimpan lebih dari 1 hari. Hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Menurut Institute of Food Technologists, rasa makanan akan lebih maksimal setelah didiamkan seharian karena reaksi kimia yang terjadi. Proses ini berlanjut setelah proses pemasakan hingga tercipta molekul rasa baru dalam beberapa bahan makanan. Pada akhirnya hal ini membuat rasa makanan sisa yang disimpan seharian lebih enak.

Baca juga : Wanita Ini Putuskan Jual Makanan Sisa di Rumahnya Lewat Facebook

Selain rasa, tekstur makanan juga bisa lebih empuk dan juicy setelah disimpan seharian. "Makanan yang dibumbui dengan baik akan terasa lebih enak contohnya pada kari atau bit yang dimarinasi, bumbu membutuhkan waktu untuk menyerap pada daging, kacang-kacangan, atau sayuran yang lebih terasa karinya," ujar Sara Dickerman, penulis Secret of Great Second Meals.

Kenapa Makanan Sisa yang Disimpan Terasa Lebih Enak?Foto: iStock

Namun bukan berarti pemanasan kembali tidak memberikan manfaat dari beberapa rempah segar. "Kari terkadang tetap membutuhkan sentuhan sesuatu yang segar, seperti irisan seledri atau perasan lemon, untuk membangunkan (rasanya) kembali," tambah Dickerman.

Sara Dickerman juga memberikan beberapa tips dalam memanaskan ulang makanan sisa. Seperti menambahkan sedikit air untuk melembabkan spaghetti di hari kedua, memanaskan sayuran dalam pengukus, atau membuat sosis dan kentang lebih crispy dengan menambahkan lemak di wajan penggoreng.

Baca juga : 'Pagpag' Makanan Sisa dari Tempat Sampah Jadi Hidangan Favorit di Filipina

Lalu apa hal yang harus dihindari saat memanaskan makanan sisa? Dikutip dari MSN (27/6), Nick Evans seorang penulis Love Your Leftovers, setuju bahwa waktu dalam pemanasan ulang sangat berpengaruh. "Jika itu mudah, hindari penggunaan microwave. Alat itu adalah pembunuh rasa. Cobalah panaskan makanan sisa dengan perlahan di wajan dengan api kecil atau dengan oven bersuhu rendah (250-300 derajat Farenheit)," tambahnya.

Kenapa Makanan Sisa yang Disimpan Terasa Lebih Enak?Foto: iStock/detikFood

Terdapat pula beberapa makanan yang tidak baik untuk disimpan karena kelezatannya tidak akan bertahan lama. Evans mengatakan bahwa kerang merupakan makanan sisa yang buruk. Karenanya, Anda harus memasak dan menyajikan kerang dengan porsi yang dapat langsung dihabiskan.

Selain kerang, hamburger menjadi makanan lain yang tidak disarankan untuk dipanaskan kembali, Evans menambahkan, "Burger yang enak adalah soal kontras antara bagian luar yang renyah dan juicy di dalamnya; Setelah didinginkan, warna dan konsistensinya akan menjadi abu-abu dan menggumpal, saya merasa hal itu sangat sulit diolah menjadi sesuatu yang baru."

Tentu saja ada beberapa hal yang tidak boleh dicoba seperti menghangatkan makanan sisa yang sudah sangat lama. Seenak apapun rasa makanan tersebut sebelumnya, tetaplah tidak memenuhi standar kesehatan dan dapat membahayakan tubuh.

Kenapa Makanan Sisa yang Disimpan Terasa Lebih Enak?Foto: iStock

Sementara bahan-bahan seperti rempah, daging dan kentang, akan sangat enak ketika sudah dipanaskan kembali. Bawang bombay, bawang putih, dan lada akan bereaksi dengan protein dan pati ketika dimasak, dan mereka akan meneruskan proses tersebut ketika didiamkan di lemari pendingin semalaman. Hal ini akan membantu mengeluarkan rasa lebih optimal.

Daging yang dikombinasikan dengan saus atau kuah kaldu akan sangat nikmat jika dimakan keesokan harinya. Ketika daging mendingin, zat gelatin dari kolagen dan tendon yang telah meleleh saat pemasakan akan mulai menjadi gel menempel pada daging.

Kentang juga memiliki proses yang mirip dengan daging. Molekul akan mulai tersusun kembali secara sendirinya menjadi struktur crystalline sehingga zat dari saus atau kaldu di sekitarnya akan terperangkap di dalam kentang. Hasilnya tentu lebih enak.

Baca juga : Ini Alasan Mengapa Tak Boleh Konsumsi Nasi Sisa Kemarin



Simak Video "Lembut Menggoda Roti Widuri Legendaris di Sukoharjo"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)