Bukan Bunga, Tapi Universitas Ini Berikan Sajian Serangga Untuk Hadiah Kelulusan

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 26 Jun 2019 14:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Biasanya buket bunga jadi hadiah kelulusan bagi para mahasiswa. Berbeda dengan universitas di China, yang justru berikan buket berisi hidangan serangga.

Ada yang lebih unik dari sekedar rangkaian bunga untuk hadiah kelulusan. Di Huazhong Agricultural University, yang ada di kota Wuhan, Provinsi Hubei, pihak universitas punya hadiah yang tak umum untuk para mahasiswa yang baru lulus.

Bukan Bunga, Tapi Universitas Ini Berikan Sajian Serangga Untuk Hadiah KelulusanFoto: Istimewa
Dikabarkan Global Times (24/06), pihak universitas memberikan buket isi serangga untuk mahasiswa yang baru lulus. Para pengajar menyediakan berbagai jenis serangga dan peralatan memasak, kemudian mereka mengajak para mahasiswa untuk memasak serangga di sana.

Mereka kemudian mengundang mahasiswa yang sudah lulus dengan orang tua mereka, untuk mencoba hidangan lezat yang terbuat dari serangga ini. Menurut pihak universitas, serangga punya protein yang tinggi dibandingkan makanan yang lain.

Qin Min, salah satu mahasiswa yang menjadi panitia dalam acara ini mengatakan bahwa serangga dekat dengan tumbuhan, jadi penting bagi mereka untuk mempelajarinya.
Bukan Bunga, Tapi Universitas Ini Berikan Sajian Serangga Untuk Hadiah KelulusanFoto: Istimewa

Selain itu tujuan diadakannya acara ini, agar membantu meningkatkan kesadaran orang-orang tentang serangga. Serangga selama ini dianggap sebagai makanan ekstrem, dan tidak ada yang mau mencobanya.

"Serangga itu tidak menakutkan. Mereka kaya akan nutrisi, dan rasanya juga enak," jelas Qin Min.

Buket hadiah kelulusan ini berisi wonton atau pangsit berisi yellow mealworm, atau larva kumbang yang bentuknya mirip seperti ulat. Kemudian ada juga larva pupa yang dimasak menggunakan beberapa rempah, yang biasanya digunakan untuk mengolah lobster. Sehingga makanan-makanan ini terasa lebih familiar untuk banyak orang.
Bukan Bunga, Tapi Universitas Ini Berikan Sajian Serangga Untuk Hadiah KelulusanFoto: Istimewa
Serangga sendiri mulai populer di China. Sebelumnya seorang wanita asal China bernama Som, membagikan video dan foto-fotonya saat tengah menyantap delapan jenis serangga yang berbeda.

Baca Juga: Hii Ngeri! Ratu Serangga Ini Santap 8 Jenis Serangga Sekaligus (sob/odi)