La Cité du Vin, Taman Bermain dan Museum Wine Keren di Prancis

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 25 Jun 2019 11:00 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Prancis dikenal memiliki wine berkualitas. Kini pencinta wine juga bisa mampir ke taman bermain dan museum wine saat berkunjung ke sana.

Hadir sejak 2016, taman bermain dan museum wine bernama La Cité du Vin ini terletak di sungai Garonne, Bordeaux, Prancis. Lokasi ini kerap jadi tujuan wisatawan yang tengah berlibur, khususnya mereka yang begitu menyukai wine.

La Cité du Vin, Taman Bermain dan Museum Wine Keren di PrancisFoto: Getty Images

Nama La Cité du Vin sendiri berarti The City of Wine. Dirancang oleh arsitek Paris XTU dan ahli desain museum Inggris, Casson Mann Limited. Struktur bangunan museum ini unik karena seperti pusaran wine saat dituang ke dalam gelas.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Prancis, Jangan Lupa Cicicpi 10 Makanan Enak Ini

La Cité du Vin menghadirkan 20 area dalam tema berbeda yang keseluruhannya soal wine. Pengunjung bisa melihat bagaimana proses produksi wine di seluruh dunia.

La Cité du Vin, Taman Bermain dan Museum Wine Keren di PrancisFoto: Getty Images

Salah satu fitur yang paling seru ialah pengunjung bisa merasakan naik helikopter virtual yang mengelilingi lebih dari 20 daerah pembuatan wine di 17 negara. Bisa juga merasakan naik perahu simulasi yang memberi pengetahuan bagaimana pedagang wine mengangkut barang berharga mereka pada saat itu.

Ada juga Belvedere yang memungkinkan pengunjung bisa melihat pemandangan panorama 360 derajat di Bordeaux. Semuanya terasa lengkap dengan pengalaman minum berbagai wine.

La Cité du Vin, Taman Bermain dan Museum Wine Keren di PrancisFoto: Getty Images

Bukan hanya itu, La Cité du Vin menawarkan workshop tentang cara memadukan wine dengan beragam makanan seperti cokelat atau keju. Ada juga fasilitas tur dengan pemandu, toko wine, dan sebuah teater.

La Cité, yang terletak di tepi barat sungai Garonne ini menelan biaya USD 90 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun dalam pembuatannya. Harga tiket di sana bervariasi, mulai dari USD 23 atau Rp 300.000 sudah termasuk segelas wine.

Baca Juga: Gaya Kuliner Alecandre Arnault, Anak Konglomerat Prancis Bernard Arnault

(adr/adr)