Cheesecake Roti Panggang Keju dan Cronut Lemon Madu, Pastry Baru Dominique Ansel

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 24 Jun 2019 17:20 WIB
Foto: Instagram dominiqueansel Foto: Instagram dominiqueansel
Jakarta - Dominique Ansel terus berkreasi mengeluarkan menu-menu baru. Yang terbaru, pengunjung bisa cicip cheesecake roti panggang keju hingga cronut rasa lemon madu!

Pastry chef Dominique Ansel terus mendapat sorotan usai berhasil memperkenalkan Cronut pada dunia. Hybrid pastry itu kerap mendapat inovasi dalam urusan rasa. Tiap bulan, Ansel bahkan memperkenalkan paduan rasa baru yang membuat penikmatnya penasaran.

Yang terbaru, pada Juli 2019 Ansel meluncurkan Meyer Lemon Wildflower Honey di New York. Paduan croissant dan donat itu diberi lemon meyer curd buatan sendiri dan ditambahkan ganache creamy berbahan madu wildflower.

Cheesecake Roti Panggang Keju dan Cronut Lemon Madu, Pastry Baru Dominique AnselFoto: Istimewa

Baca Juga: Setelah Jepang, Negara di Asia Ini Jadi Lokasi Terbaru Dominique Ansel Bakery

"Citarasa buah dan bunga untuk hari-hari musim panas yang cerah. Mulai 1 Juli di Soho," tulis pastry chef asal Prancis ini di Instagram. Cronut lemon dan madu bahkan sudah bisa dipesan online melalui situs Cronut Preorder.

Menilik bahan cronut, wildflower honey merupakan madu yang didapat dari nektar bunga-bunga liar. Konon jenis madu ini memiliki manfaat kesehatan lebih karena tinggi nutrisi dan bersifat antimikroba.

Sementara lemon meyer merupakan jenis lemon musiman yang berasal dari China. Lemon ini merupakan persilangan antara lemon biasa dan jeruk Mandarin. Karakter rasanya konon tak terlalu asam. Lebih mengarah pada manis dengan aroma bergamot spicy yang menggugah.

Cheesecake Roti Panggang Keju dan Cronut Lemon Madu, Pastry Baru Dominique AnselFoto: Instagram dominiqueansel

Selain cronut, Ansel juga kembali memperkenalkan Cronut Holes. Sesuai namanya, cronut ini merupakan bolongan/bagian tengah cronut reguler sehingga bentukya bulatan kecil. Cronut Holes tersedia dalam sajian brunch di restoran Ansel, 189 by Dominique Ansel di Los Angeles.

Masih di restoran yang sama, Ansel juga menarik perhatian dengan "Grilled Cheese" Cheesecake. Menu dessert baru ini terinspirasi dari memori masa kecil Ansel.

Baca Juga: Dominique Ansel: Bukan Hybrid Pastry, Tapi Kreasi Pastry Unik Terbaik

Cheesecake Roti Panggang Keju dan Cronut Lemon Madu, Pastry Baru Dominique AnselFoto: Instagram dominiqueansel

"Dibuat dengan cheesecake creamy ricotta yang dibekukan berdasarkan pesanan, lemon meyer curd, dan renyahan biskuit graham sebagai lapisan kulitnya," kata 'Best Pastry Chef' terbaik tahun 2017 versi 'The World's 50 Best Restaurants' ini.

Lalu dari sekian banyak pastry yang dibuat Ansel, apa favoritnya? Ia menobatkan DKA (Dominique's Kouign Amann) sebagai jawabannya. Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Ansel mengutarakan kecintaannya pada DKA.

Cheesecake Roti Panggang Keju dan Cronut Lemon Madu, Pastry Baru Dominique AnselFoto: Instagram dominiqueansel

"DKA adalah pastry pertama yang kami buat ketika toko mungil kami di Soho dibuka 8 tahun lalu. Dan ini masih jadi favorit saya hingga kini, dengan lapisan-lapisan renyah dan lapisan luar berwarna emas yang terkaramelisasi," pungkas Ansel.

DKA sendiri merupakan pastry tradisional Bretos yang mirip croissant karamel dengan lapisan gula renyah dan tekstur adonan yang lembut. Ansel berujar makan satu potong DKA setiap pagi untuk sarapan.

(adr/odi)