Resep Klepon yang Kenyal Gurih Isi Gula Merah

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 23 Jun 2019 15:02 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Siapa yang ingat dengan kue ini? Jajanan pasar bertekstur empuk dan kenyal ini bisa Anda buat sendiri. Tak sulit, hanya dengan beberapa langkah ini.

Supaya tak gagal. Rahasia dibalik kelezatan dari bola-bola tepung ketan ini terletak pada cairan gula merahnya. Ketika digigit, lelehan gula merah dengan paduan kelapa parut.

Baca juga: Kue Klepon yang Manis Lembut Bisa Dicicip di Kafe Ini

1. Siapkan bahan

Resep Klepon yang Kenyal Gurih Isi Gula MerahFoto: iStock

Anda bisa menyiapkan 250 gram tepung ketan, 1 sdm air daun suji pandan, 1 sdt air kapur sirih, 1/2 sdt garam dan 250 ml air matang.

Isian: 150 gram gula merah yang sudah disisir halus

Lapisan: 150 gram kelapa yang diparut memanjang.

2. Buat adonan

Resep Klepon yang Kenyal Gurih Isi Gula MerahFoto: iStock

Aduk tepung ketan dengan air daun pandan, air kapur sirih dan garam hingga rata. Kemudian tuangi air sedikit demi sedikit sambil aduk hingga rata sampai adonan dapat dibentuk. Tambahkan air jika perlu karena kelembapan tepung ketan berbeda-beda. Diamkan sekitar 15 menit.

3. Bentuk bulatan

Resep Klepon yang Kenyal Gurih Isi Gula MerahFoto: iStock

Ambil 1 sendok makan adonan, kemudian bulatkan dan pipihkan. Isi dengan sedikit gula merah dan bulatkan kembali. Rebus dalam air mendidih hingga mengapung, angkat dan tiriskan.

4. Sajikan dengan kelapa parut

Resep Klepon yang Kenyal Gurih Isi Gula MerahFoto: iStock

Supaya rasanya gurih. Klepon makin enak disajikan dengan parutan kelapa. Gulingkan bola-bola ketan yang sudah matang selagi masih panas ke dalam parutan kelapa sampai rata.

Baca juga: Cliq Coffee: Rasa Eksotik Cake Klepon dan Cafe Mocha Hangat (lus/odi)