7 Kebiasaan Buruk Saat Masak Ini Harus Anda Hentikan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 22 Jun 2019 07:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Masak jadi rutinitas banyak orang yang dianggap mudah. Tapi tanpa disadari ada beberapa kebiasaan buruk saat masak yang masih dilakukan.

Kebiasaan buruk saat masak ini bisa mengganggu proses hingga mempengaruhi hasil akhir masakan tersebut. Karenanya penting untuk tidak melakukan kebiasaan buruk saat masak yang dirangkum The Daily Meal (20/6) berikut. Mulai dari membuka oven hingga gunakan satu talenan saja.

Baca Juga: Mungkin Anda Sering Lakukan 8 Kesalahan Ini Saat Memasak

1. Membuka oven saat masak

7 Kebiasaan Buruk Saat Masak Ini Harus Anda HentikanFoto: iStock

Tanpa disadari Anda kerap membuka tutup oven saat memasak suatu hidangan. Kebiasaan ini terbilang buruk karena ketika Anda membuka oven, Anda membiarkan udara panas yang dibutuhkan untuk proses masak, hilang begitu saja.

Parahnya lagi, saat pintu oven ditutup, oven perlu menyesuaikan waktu kembali guna mencapai temperatur ideal sesuai keinginan Anda di awal. Karenanya pastikan tidak membuka tutup oven saat masak. Kalau penasaran dengan prosesnya, Anda bisa mengintip saja makanan dari luar oven atau menggunakan lampu di dalamnya.

2. Kebanyakan menaruh bahan makanan dalam wajan
Rata-rata orang berpikir menaruh banyak bahan makanan sekaligus dalam wajan bisa menghemat waktu masak, padahal hal ini kurang baik untuk cita rasa masakan nantinya. Membiarkan bahan makanan berjejalan di atas wajan berarti mengurangi area untuk makanan tersebut matang dengan sempurna.

Hal ini bisa menambah waktu masak dan membuat bahan makanan lembek, bukan renyah seperti yang diinginkan. Terlalu banyak bahan makanan dingin dalam wajan juga bisa mengurangi temperatur wajan. Latih kesabaran Anda dalam memasak dan kalau perlu memasaklah dalam beberapa tahapan saat wajan yang Anda punya terlalu kecil.

3. Hanya pakai satu talenan

7 Kebiasaan Buruk Saat Masak Ini Harus Anda HentikanFoto: iStock

Talenan berfungsi penting dalam menyiapkan bahan makanan. Sebaiknya miliki lebih dari satu talenan di rumah. Sebab talenan untuk memotong sayuran harus berbeda dengan talenan untuk daging mentah.

Jika talenan yang dipakai satu, kontaminasi silang sangat mungkin terjadi hingga akhirnya membuat Anda alami keracunan makanan. Selain penting menggunakan talenan terpisah, pastikan selalu mencuci talenan untuk daging mentah dengan benar.

4. Gunakan bumbu kedaluwarsa
Yang juga banyak terjadi adalah seseorang menggunakan bumbu atau rempah kedaluwarsa. Mereka tidak mengecek masa simpan bumbu atau rempah kemasan yang dibeli. Penggunaan bumbu kedaluwarsa memang tidak menyebabkan keracunan makanan, hanya saja cita rasanya menurun.

Padahal kehadiran bumbu dan rempah sangat penting untuk melezatkan hidangan. Sebaiknya selalu cek secara berkala tanggal kedaluwarsa bumbu dan rempah kemasan. Saat Anda memindahkannya ke wadah lain, lebih baik jika disertai informasi tanggal kedalurwarsa.

5. Tidak menajamkan pisau

7 Kebiasaan Buruk Saat Masak Ini Harus Anda HentikanFoto: iStock

Soal pisau, menggunakan pisau tumpul ternyata lebih berbahaya ketimbang pisau tajam. Sebab pisau tumpul bisa membuat Anda tergelincir saat memakainya hingga membahayakan keselamatan. Sebaliknya, pisau tajam bisa memotong bahan makanan dengan sempurna.

Penting untuk menggunakan pisau tajam yang diasah secara berkala. Memakai pisau ini juga bisa menghemat waktu masak.

6. Selalu menggunakan wajan antilengket
Wajan antilengket kerap diandalkan untuk mengolah masakan apa pun. Mulai dari telur, salmon, hingga daging. Namun tak selamanya wajan antilengket bagus untuk masak. Ketika wajan ini terkena paparan panas yang terlalu tinggi, akan muncul partikel berbahaya.

Sebaiknya gunakan wajan antilengket untuk membuat hidangan yang hanya butuh api rendah untuk membuatnya seperti crepe, omelet, atau telur mata sapi. Untuk daging dan hidangan lain yang butuh api tinggi, pakailah wajan besi.

7. Masak bawang putih hingga gosong

7 Kebiasaan Buruk Saat Masak Ini Harus Anda HentikanFoto: iStock

Menambahkan bawang putih dijamin bisa melezatkan rasa hidangan. Namun Anda harus mengolahnya dengan cara benar. Jangan menaruh bawang putih cincang di atas wajan yang sudah sangat panas. Nantinya bawang putih akan gosong dan tidak menghadirkan aroma serta rasa enak.

Bawang putih gosong justru akan merusak citarasa masakan. Sebaiknya masukkan bawang putih cincang bersama minyak di atas wajan, lalu panaskan bersama. Cara ini membuat bawang putih bisa matang perlahan berbarengan dengan minyak yang memanas.

Baca Juga: Ini 6 Kebiasaan Sepele Soal Makanan yang Berbahaya Untuk Kesehatan!

(adr/odi)