5 Makanan Ini yang Harus Kamu Cicip Kalau ke Jakarta

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 21 Jun 2019 16:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jelang ulang tahun kota Jakarta yang jatuh pada tanggal 22 Juni nanti. Ada banyak beragam makanan khas Betawi, yang enak dan legendaris di sini.

HUT ke-492 kota Jakarta sebentar lagi akan tiba. Meski sudah menjadi kota metropolitan, tapi kuliner asli kota Jakarta, yaitu hidangan khas Betawi masih digemari hingga saat ini. Salah satu hidangan yang populer ada soto Betawi, asinan, nasi uduk, kue pepe, hingga gado-gado yang gurih.

1. Nasi Ulam dan Nasi Uduk
5 Makanan Ini yang Harus Kamu Cicip Kalau ke JakartaFoto: iStock

Makanan legendaris khas Betawi ini, berbeda dengan nasi uduk biasa. Nasi uduk khas Betawi terletak pada rasa gurih nasi, dan barisan lauk ayam goreng, empal, hingga semur yang menggoda selera. Seperti semur jengkol, hingga semur tahu telor yang manis gurih berbalur kecap. Sementara nasi ulam, disajikan dengan berbagai bumbu rempah, ditambah dengan daun pegagan serta serundeng kelapa khas Betawi.

Di Jakarta ada Nasi uduk dan nasi ulam racikan Ibu Yoyo, sudah ada sejak tahun 1951 di wilayah Setiabudi. Di rumah makan sederhana ini terkenal dengan menu nasi uduk dan nasi ulam khas Betawi auntentik yang legendaris.

Baca Juga: Nasi Ulam & Nasi Uduk Ibu Yoyo : Nyang Ini Racikan Nasi Autentik Betawi!

Nasi Ulam & Nasi Uduk Ibu Yoyo
Jl. Karet Pedurenan Gg. Dogol Rt. 04 Rw 04 No 31
Karet Kuningan Setiabudi, Jakarta Selatan
Jam buka : 07.00 - 21.00 WIB
Telepon : 081282985721

2. Soto Betawi
5 Makanan Ini yang Harus Kamu Cicip Kalau ke JakartaFoto: iStock

Soto Betawi ini jadi salah satu ikon kuliner kota Jakarta. Ciri khasnya terletak pada olahan kuah soto yang kental oleh santan, dan susu. Potongan daging sapi seperti babat, paru, dan kikil jadi hidangan utama yang tak boleh terlewatkan.

Kalau mau coba soto Betawi legendaris, bisa mampir ke H. Husein. Tempat soto yang sudah buka sejak tahun 1988 ini punya dua pilihan soto daging atau soto campur. Kuah sotonya cenderung kuning, dengan tekstur daging yang besar dan empuk apalagi jika dipadukan dengan nasi putih hangat. Jangan datang terlalu sore, karena soto Betawi yang satu ini paling cepat habis.

Baca Juga: H. Husein : Rela Antre Demi Nikmati Semangkuk Soto Betawi yang Gurih Mantap

Soto Betawi H. Husein
Jl. Padang Panjang No. 6B-6C, Manggarai
Jakarta Selatan
Telepon (021) 83706476

3. Kue Ape
5 Makanan Ini yang Harus Kamu Cicip Kalau ke JakartaFoto: iStock

Kue ape merupakan salah satu jajanan tradisional khas Betawi yang sudah ada sejak jaman dulu, yang sering dijual oleh pedagang kaki lima. Bentuknya unik, dan sering disebut sebagai kue 'tetek' karena bentuknya mirip buah dada perempuan. Warnanya hijau cerah, dan dibuat dari telur, tepung beras, tepung terigu, hingga air daun suji dan tambahan daun pandan yang harum.

Bagi yang ingin jajan kue ape, bisa mampir ke wilayah Wisata Kota Tua. Di sini terkenal dengan pedagang kaki lima yang menjual beragam kuliner Betawi, seperti kerak telor dan tentunya kue ape.

Kue Ape di Kota Tua
Kawasan Kota Tua, Jl. Taman Fatahillah No.1.
Taman Sari, Jakarta Barat.


4. Gado-gado
5 Makanan Ini yang Harus Kamu Cicip Kalau ke JakartaFoto: iStock

Jika negara Barat punya salad, Jakarta punya gado-gado yang populer sejak dulu. Makanan dari campuran sayuran dan saus kacang ini, punya ciri khas yang terletak pada saus kacang kental, yang dipadukan dengan sayuran rebus seperti sayur kol, kacang panjang, bayam, mentimun, kentang, tauge, hingga telur rebus.

Kalau mau coba gado-gado khas Betawi yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Bisa mampir ke Gado-gado Bonbin di Cikini. Restoran yang satu ini punya ciri khas yang terletak pada saus kacangnya yang enak, apalagi kacang lebih dulu disangrai tanpa minyak. Sehingga rasa saus kacang tidak pahit.

Gado-gado Bonbin
Jalan Cikini IV No.5.
Menteng, Jakarta Pusat.
Telp: (021) 3141539


5. Kerak Telor
5 Makanan Ini yang Harus Kamu Cicip Kalau ke JakartaFoto: iStock
Makanan asli suku Betawi ini, tak pernah kehilangan penggemarnya. Penjual kerak telor banyak ditemukan di sudut kota. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dari telur ayam, beras ketan putih, ebi, yang disangrai kemudian ditambah dengan bawang merah goreng. Kemudian diberi kelapa sangrai, dan cabe merah yang sedap.

Jika mau coba kerak telor yang selalu ramai, bisa mampir ke wilayah Menteng. Ada kerak telor racikan Pak Abdurrachman, dengan tekstur renyah dan rasa gurih dari taburan serundeng serta bawang goreng.

Kerak Telor Menteng Pak Abdurrachman
Jln. HOS. Cokroaminoto no. 92
Menteng, Jakarta Pusat. (sob/odi)