Pola Makan Sehat dan Murah

Ini Caranya Konsumsi Gorengan yang Lebih Menyehatkan

Devi Setya - detikFood Kamis, 13 Jun 2019 16:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Gorengan memang kerap disalahkan sebagai penyebab berbagai penyakit. Tapi asal diolah dan dikonsumsi dengan baik, gorengan juga bisa jadi makanan yang tak berbahaya.

Kandungan minyak berlebih pada gorengan kerap dituding sebagai biang kerok munculnya kolesterol hingga obesitas. Padahal kalau diolah dengan baik dan mengatur porsi makannya, gorengan bisa jadi camilan.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat gorengan jadi kudapan yang lebih sehat. Tetapi tetap kontrol porsi makannya dan jangan kalap.

1. Buat sendiri
Ini Caranya Konsumsi Gorengan yang Lebih MenyehatkanFoto: iStock

Alih-alih membeli gorengan di pinggir jalan, ada baiknya untuk membuat sendiri gorengan di rumah. Bahan dan proses pembuatannya jelas lebih terjamin.

Ketika membuat gorengan sendiri, kita bisa mengetahui kualitas bahan yang segar serta pastinya menggunakan minyak yang terjamin. Gorengan kaki lima menjadi makanan berbahaya karena kerap dimasak dengan minyak yang sudah berulang kali dipakai, belum lagi soal isu gorengan yang dimasak dengan plastik.

Baca juga : Bikin Gorengan Lebih Sehat Dengan Trik Ini

2. Gunakan minyak yang baru
Untuk membuat gorengan yang lebih sehat, pastikan menggunakan minyak baru. Minyak ini juga hanya dipakai untuk 2 kali proses penggorengan.

Minyak yang berwarna gelap bahkan hingga hitam menandakan minyak sudah jenuh sehingga berubah menjadi karsinogenik yang menumpuk zat kolesterol jahat. Ketika minyak ini dikonsumsi secara terus menerus, maka akan timbul berbagai masalah kesehatan mulai dari kolesterol hingga kanker.

3. Tiriskan minyak dengan benar
Ini Caranya Konsumsi Gorengan yang Lebih MenyehatkanFoto: iStock

Usai dimasak, gorengan harus ditiriskan dengan benar agar kandungan minyaknya berkurang. Jika perlu, manfaatkan tisu dapur yang mampu menyerap minyak lebih banyak.

Dengan cara ini, jumlah minyak yang masuk ke dalam tubuh akan lebih sedikit. Diamkan gorengan selama beberapa menit di atas tisu sebelum disantap.

4. Tambahkan banyak sayuran
Salah satu gorengan yang menggunakan banyak sayuran adalah bakwan. Buatlah bakwan dengan lebih banyak sayuran atau konsumsi gorengan bersamaan dengan konsumsi sayuran dan buah. Dengan cara ini asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bisa tetap terjaga.

Salah satu contohnya adalah menyantap gorengan bersama gado-gado atau pecel. Dengan cara ini penyerapan kolesterol jahat (LDL) bisa ditekan sehingga menurunkan resiko penyakit jantung.

Baca juga : Gorengan Garing dan Renyah, Ini 5 Tips yang Wajib Dicoba!

5. Batasi porsinya
Ini Caranya Konsumsi Gorengan yang Lebih MenyehatkanFoto: iStock

Hal paling penting untuk menghindari dampak negatif dari gorengan adalah dengan membatasi porsinya. Meskipun tubuh membutuhkan asupan lemak, tetapi gorengan mengandung lemak dan kolesterol yang terlalu tinggi.

Jadi meskipun enak, renyah dan murah, jangan terlalu terlena dengan rasa gorengan yang nikmatnya sesaat. Ingat juga gorengan merupakan salah satu penyebab timbulnya kolesterol, obesitas, jantung hingga stroke. (dvs/odi)