Lewat Makanan 3D Banyak Orang Makan Manis untuk Perbaiki Suasana Hati

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 12 Jun 2019 13:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Lewat teknologi Makanan Cetak 3D terbaru. Beberapa peneliti menemukan bahwa banyak orang konsumsi makanan manis, untuk memperbaiki suasana hati.

Makanan manis seperti es krim, donat, hingga permen memang sering dikonsumsi orang ketika mereka merasa sedih atau galau. Hal ini lah yang membuat para peneliti dari Lancaster University, Inggris, mempelajari hubungan antara makanan manis dan suasana hati.

Baca Juga: Perusahaan Ini Ciptakan Mesin 3D untuk Cetak Sushi Sesuai Kebutuhan Nutrisi
Lewat Makanan 3D Banyak Orang Makan Manis untuk Perbaiki Suasana HatiFoto: Istimewa

Dilansir Gizmodo UK (10/06), menggunakan teknologi makanan 3D cetak, para peneliti mempelajari kaitan antara sisi emosional seseorang dalam kehidupan sehari-hari, dan hubungannya dengan selera.

Hasilnya, hampir semua rasa makanan manis dihubungkan dengan pengalaman yang positif.

Ketika orang menyantap makanan manis, memori atau ingatan mereka akan kembali mengingat hal-hal menyenangkan, yang membuat suasana hati mereka menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Sementara makanan yang punya rasa pahit, lebih sering berhubungan dengan konotasi yang lebih negatif. Atau makanan dengan rasa pahit ini, cenderung meningkatkan ingatan yang kurang menyenangkan.

"Rasa bisa menjadi alat yang ampuh untuk mengekspresikan dan mengkomunikasikan pengalaman," jelas Tom Gayler, selaku salah satu ketua peneliti dari Lancaster University.
Lewat Makanan 3D Banyak Orang Makan Manis untuk Perbaiki Suasana HatiFoto: Istimewa

Tom menjelaskan bahwa meski banyak penelitian yang mempelajari tentang rasa dan sisi emosi, tapi hingga sekarang masih sedikit penelitian yang mempelajari pemilihan makanan ini, dengan skenario yang ada di kehidupan sehari-hari.

"Kami ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang rasa dan hubungannya pada emosi," lanjut Tom.

Untuk menunjang penelitian ini, Dokter Vaiva Kalnikaite, selaku CEO dari mitra penelitian Dovetailed. Menambahkan bahwa mesin cetak makanan berbasis 3D, dapat membantu peneliti untuk memberi kontrol terhadap selera orang.

Hal ini dinilai lebih efektif, dibandingkan para peneliti menyajikan makanan dengan konsep buffet. Karena nantinya orang-orang akan lebih bingung terhadap selera mereka.
Lewat Makanan 3D Banyak Orang Makan Manis untuk Perbaiki Suasana HatiFoto: Istimewa

Makanan yang dicetak lewat mesin 3D ini memiliki rasa manis atau pahit, rasa-rasa ini ditunjukkan untuk membangkitkan ingatan orang-orang terhadap kejadian di masa lalu.

"Dengan hadirnya mesin cetak makanan 3D ini, membuat kita bisa mengeksplorasi indera perasa dengan cara yang baru. Mesin ini bisa membuka kesempatan dan kemungkinan baru, serta pengalaman untuk membantu mengingatkan kembali ingatan yang sudah hilang," pungkas Profesor Corina Sas.

Baca Juga: Ini Restoran Tiga Dimensi Pertama di Dunia dengan Teknologi Tercanggih (sob/odi)