Duh! Restoran Ini Merantai Pengunjung Supaya Tak Kabur Saat Bayar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 10 Jun 2019 14:02 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Langkah restoran ini terbilang ekstrem untuk memastikan semua pengunjung bayar usai bersantap. Mereka merantai kaki pengunjung sehingga tak bisa kemanapun!

Foto seorang imigran Venezuela yang diborgol saat makan di restoran jadi viral di media sosial. Foto itu pertama kali diunggah jurnalis Venezuela bernama Luis Martinez di Twitter. Dikutip dari Oddity Central (10/6), namun foto itu sekarang sudah dihapus dari Twitter Martinez.

Martinez mendapat foto itu dari seorang warga Venezuela yang pindah ke Peru setelah kekacauan politik dan sosial yang telah berlangsung lama di Venezuela. Martinez mengatakan pria itu mengambil foto diri setelah kakinya diborgol usai duduk di sebuah restoran. Pria itu meminta foto wajahnya disamarkan karena takut akan akibat di Peru.

Duh! Restoran Ini Merantai Pengunjung Supaya Tak Kabur Saat BayarFoto: Istimewa

La Patilla, media tempat Martinez bekerja, mendeskripsikan foto ini sebagai bukti xenophobia dan diskriminasi terhadap imigran Venezuela yang meninggalkan negara itu berbondong-bondong. Mereka antara lain pindah ke Kolombia, Brasil, dan Peru.

Baca Juga: Orang-orang Ini Berurusan dengan Polisi karena Lakukan Hal Aneh di Restoran

Dalam kasus ini, pemilik restoran ingin memastikan orang itu bayar sebelum pergi. Pengunjung hanya akan dirantai di kursinya sampai selesai makan dan membayar semuanya.

Banyak pembaca mengklaim berita ini sebagai berita palsu yang memancing klik. Namun dalam salah satu kicauan di Twitternya, Martinez menuturkan pria itu tidak tahu dia akan dirantai di kursinya sebelum seseorang di restoran benar-benar membawa rantai.

Ia lalu memotret dirinya sebagai bukti dan meninggalkan restoran tanpa bersantap. Pria itu mengonfirmasi bahwa informasi yang dia berikan benar adanya.

Duh! Restoran Ini Merantai Pengunjung Supaya Tak Kabur Saat BayarFoto: iStock

"Saya menawarkan lebih banyak informasi karena orang-orang tertentu telah menyatakan keraguan tentang kebenaran berita," ujar Martinez. "Nama orang di foto itu tetap anonim karena takut ada pembalasan nanti," lanjutnya.

Masih menurut Martinez, pengunjung pria itu tidak tahu apa yang akan terjadi sampai ia duduk di kursi restoran. Martinez menambahkan, "Dia hanya mengambil foto dan pergi. Dia bahkan tidak bisa makan. Dia bilang dia menyimpan nama restoran itu karena ingin mengajukan keluhan karenanya."

Namun fakta bahwa foto-foto itu dihapus dari Twitter Juan Martinez membuat banyak orang curiga. Belum ada informasi tambahan soal kevalidan berita ini.

Baca Juga: Mantan Napi Sengaja Kunjungi Restoran Ini Untuk Kenang Aksi Pencuriannya

(adr/odi)