Kuliner Mudik dan Lebaran

Galamai, Karak Kaliang hingga Randang Talua, Oleh-oleh Wajib Jika ke Payakumbuh

Dewi Anggraini - detikFood Minggu, 09 Jun 2019 13:29 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta -
Kota Payakumbuh punya ragam makanan enak yang pas dijadikan oleh-oleh. Mulai dari galamai nan manis legit hingga randang talua yang renyah berempah.

Tak hanya dari Bukittinggi dan Pariaman, banyak juga perantau yang berasal dari Kota Payakumbuh. Jika sedang mudik atau melewati kota ini, sebaiknya jangan lewatkan 5 makanan yang bisa dibawa sebagai buah tangan saat kembali ke Ibukota berikut.

1. Galamai/gelamai

Galamai, Karak Kaliang hingga Randang Talua, Oleh-oleh Wajib Jika ke PayakumbuhFoto: Instagram

Foto: primorizky
Oleh-oleh yang satu ini bisa dibilang dodol khas Sumatera Barat. Terbuat dari tepung ketan, gula aren, dan santan, galamai punya tekstur yang kenyal legit. Berwarna hitam legam atau pun cokelat kehitaman, galamai biasa dihidangkan sebagai kudapan istimewa di hari-hari besar termasuk Lebaran.

2. Bareh randang

Galamai, Karak Kaliang hingga Randang Talua, Oleh-oleh Wajib Jika ke PayakumbuhFoto: Instagram

Foto: instagram gelamaiutama
Bareh randang bukanlah beras yang diolah dengan bumbu rendang. Tapi tepung ketan yang disangrai dan dibentuk persegi kecil atau seukuran permen bungkus. Camilan ini punya rasa yang manis dengan tekstur kasar khas yang akan membaur di mulut usai digigit. Kalau suka dengan camilan manis, Anda pasti suka dengan bareh randang.

Baca juga: Lamaknyo! Pongek Situjuah Khas Payakumbuh yang Bikin Kangen

3. Rendang telur

Galamai, Karak Kaliang hingga Randang Talua, Oleh-oleh Wajib Jika ke PayakumbuhFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Payakumbuh punya wilayah bernama 'Kampung Rendang'. Sesuai namanya, ada banyak olahan rendang di sana. Tak hanya rendang daging, tersedia rendang telur yang jadi andalan Payakumbuh.

Rendang talua atau kerap disebut randang telur memiliki bentuk lempengan tipis kotak-kotak seperti keripik. Teksturnya renyah karena telur sudah dibuat menjadi anonan dan dimasak super garing. Lalu diberi bumbu rendang yang tak lagi basah tapi kering seperti serundeng.

Di Kampung Rendang, Anda akan menemukan rendang baluik (belut), rendang daun hingga rendang singkong kemasan yang pas dijadikan buah tangan.

4. Rubik ganepo

Galamai, Karak Kaliang hingga Randang Talua, Oleh-oleh Wajib Jika ke PayakumbuhFoto: Instagram

Foto: sanjainanda
Terbuat dari singkong potong kotak dan dilumuri bumbu kuning khusus, rubik ganepo punya rasa yang gurih renyah. Jika dimasak dengan benar, singkong potong kotaknya akan terasa renyah tidak keras. Camilan khas Payakumbuh ini dijamin bikin nagih. Selain disantap langsung, rubik ganepo juga enak dijadikan teman makan sajian berkuah seperti bakso ataupun pelengkap lauk nasi.

5. Karak kaliang

Galamai, Karak Kaliang hingga Randang Talua, Oleh-oleh Wajib Jika ke PayakumbuhFoto: Instagram

Foto: sigadih_minang
Camilan dengan bentuk angka delapan ini pasti terasa tak asing. Sebab bentuknya mirip dengan lanting. Hanya bedanya karang kaliang justru berwarna kuning cerah. Kebanyakan pabrik pembuatan karak kaliang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Kerupuk ini terbuat dari singkong parut dan memiliki rasa yang renyah gurih.

Baca juga: Kriuk-kriuk Renyah Rendang Talua Payakumbuh Kini Mendunia
(dwa/odi)