Ekspedisi Langit Nusantara

Kriuk-kriuk Renyah Rendang Talua Payakumbuh Kini Mendunia

Maya Safira - detikFood Senin, 18 Apr 2016 15:22 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Rendang bukan hanya dari daging sapi. Banyak bahan bisa dibuat rendang. Di Payakumbuh, ada rendang talua yang renyah gurih dan bikin ketagihan.

Menyebut Minangkabau langsung teringat wanginya rendang. Kenikmatan rendang dari wilayah ini tentu tiada duanya. Selain daging, di sana terdapat aneka jenis olahan rendang. Seperti rendang itiak (bebek), jengkol, cubadak (nangka) hingga baluik (belut).

Salah satu yang terkenal adalah rendang talua atau rendang telur. Ini jadi andalan kota Payakumbuh.

Jangan bayangkan telur rebus bulat yang diberi bumbu rendang. Rendang telur atau kerap disebut rendang talua, berbentuk lempengan tipis kotak-kotak seperti keripik.

Teksturnya renyah karena telur sudah dibuat super garing. Begitu pula baluran bumbu rendang tak lagi basah. Sudah kering seperti serundeng. Sehingga tahan untuk disimpan sampai 6 bulan.

Rendang telur bisa dimakan begitu saja sebagai camilan atau disuap bersama nasi hangat. Pastinya sama-sama enak!

Untuk pembuatannya, ada dua cara. Cara pertama, telur dikocok bersama tepung terigu dan garam hingga menjadi adonan. Kemudian didadar tipis dan dipotong persegi kecil.

Bumbu rendang bersama santan dimasak dengan api sedang memakai kayu api. Pembuatan secara tradisional memakai api kayu bakar agar aromanya makin enak.

Setelah santan berkurang dan mengeluarkan minyak, barulah potongan telur dimasukkan. Kemudian diaduk memakai api kecil selama sekitar 3 jam hingga kering.



Cara lainnya, putih telur dikukus sampai matang lalu diiris tipis-tipis. Setelah dingin, telur digoreng hingga kering. Masukkan telur dalam bumbu rendang. Masak bersama sampai bumbu mengering menggunakan api kecil.

Salah satu pembuat rendang talua dan rendang jenis lainnya yang ternama di Payakumbuh adalah Dapoer Rendang Riry. Rendang Riry sudah diekspor ke berbagai negara, tetapi pembuatannya masih dengan kayu bakar untuk mempertahankan kualitas.

Rendang talua di sana dijual seharga Rp 80.000 per kilogram. Informasi tentang rendang ini bisa diakses dari mana saja melalui websitenya: www.rendangriry.com. Beragam rendang dapat dikirim ke seluruh tanah air hingga mancanegara.


Juga ada rendang telur buatan Gelamai Tek Tam. Tempat ini menyediakan berbagai makanan khas Payakumbuh. Seperti rendang telur, gelamai, beras rendang, dan batiah. Lokasinya berada di Parit Rantang, Payakumbuh.

Dengan jaringan kuat, bisa dilihat peta lokasi Dapoer Rendang Riry, Gelamai Tak Tam ataupun tempat rendang telur lainnya yang tersebar di Payakumbuh.



"Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia." 

Dapoer Rendang Riry
Jl. Tan Malaka Km. 4
Lampasi Tigo Nagari
Payakumbuh
Sumatera Barat
Telp: 0813-7411-2275

Gelamai Tek Tam
Jl. Latsitarda No. 114 (Masjid Batirai)
Parit Rantang
Payakumbuh
Sumatera Barat
Telp: (0752) 94127 (msa/odi)