Kuliner Mudik dan Lebaran

Selain Keripik Pisang, Lampung Punya 5 Oleh-oleh Enak Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 09 Jun 2019 10:48 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Lampung terkenal dengan keripik pisang sebagai oleh-oleh khasnya. Padahal Lampung juga punya banyak kuliner lain yang cocok dijadikan oleh-oleh.

Tak lengkap pulang dari Lampung tanpa membawa oleh-oleh enak ini. Ada kemplang, bakso Sony, hingga kopi robusta enak yang cocok sebagai oleh-oleh teman atau kerabat. Berikut daftar lengkapnya.

Baca Juga: Masih Plesiran di Lampung, Jangan Lupa Cicip Bakso Hingga Mie Enak Di Sini!

1. Kemplang

Selain Keripik Pisang, Lampung Punya 5 Oleh-oleh Enak IniFoto: Istimewa

Foto: Instagram lampungjastip04
Kemplang serupa dengan amplang dari Palembang. Kerupuk gurih renyah in dibuat dari ikan tenggiri. Proses memasaknya unik karena kemplang tidak digoreng pakai minyak melainkan pasir.

Harga kemplang terbilang murah yaitu sekitar Rp 25.000 untuk satu kemasan plastik besar. Salah satu merek kemplang terkenal dari Lampung adalah Kemplang Panggang Ango. Kerupuk kemplang ini juga dilengkapi sambal hitam yang pedas, gurih, dan manis.

2. Pie pisang

Selain Keripik Pisang, Lampung Punya 5 Oleh-oleh Enak IniFoto: Istimewa

Foto: Instagram diah_13
Produksi pisang di Lampung memang melimpah. Selain olahan keripik pisang yang enak, ada pie pisang yang wajib dicoba. Pie ini garing di luar dan lembut di dalam. Pilihan rasanya juga beragam lho.

Satu kotak pie pisang biasanya berisi lebih dari 1 varian rasa. Ada cokelat, almond, keju, Oreo dan sebagai pilihan. Harganya sekitar Rp 5.000 - Rp 8.500 per buah, bergantung ukuran. Salah satu penjual pie pisang populer di sana adalah Yussi Akmal.

3. Bakso Sony

Selain Keripik Pisang, Lampung Punya 5 Oleh-oleh Enak IniFoto: Istimewa

Foto: Instagram bakso_sony_lampung
Mengunjungi Lampung jangan lupa cicip bakso enak. Bakso Sony jadi oleh-oleh pilihan banyak orang. Keistimewaan bakso ini adalah rasa daging sapinya yang kuat.

Soal kehalalan, Bakso Sony sudah mengantongi label halal MUI. Bakso Sony telah menyiapkan bakso dalam kemasan oleh-oleh yang rapih dan tahan lama. Harga bakso besar isi 50 butir plus bumbu siap saji Rp 142.000, kalau tanpa bumbu sekitar Rp 138.000.

4. Lempuk durian

Selain Keripik Pisang, Lampung Punya 5 Oleh-oleh Enak IniFoto: Istimewa

Foto: Instagram mimi.harith
Tak hanya pisang, warga Lampung juga mengolah durian jadi oleh-oleh enak. Namanya lempuk yang tak ubahnya dodol atau jenang. Lempuk durian dibuat dari daging buah durian yang dicampurkan gula lalu dimasak lama dalam kuali.

Penggemar durian pasti puas dengan cita rasa lempuk durian yang manis, legit, dan aromatik. Harga lempuk durian berkisar Rp 35.000 sampai Rp 40.000 untuk ukuran 200 gram.

5. Kopi

Selain Keripik Pisang, Lampung Punya 5 Oleh-oleh Enak IniFoto: Istimewa

Foto: Instagram arierhobby
Penggemar kopi wajib bawa pulang kopi robusta khas Lampung. Aromanya khas dengan tekstur lembut. Banyak pencinta kopi menyukai rasa pahitnya yang sempurna.

Salah satu merek kopi robusta Lampung terkenal di sana adalah Kopi Bubuk Sinar Baru Cap Bola Dunia. Kopi bubuk ini dikemas dalam bungkus kertas cokelat yang rapih. Kabarnya sudah terkenal sejak tahun 1911.

Baca Juga: Selain Seruit, Di Lampung Juga Ada 5 Makanan Khas yang Enak (dwa/odi)