Kuliner Mudik dan Lebaran

Murah Meriah, Sate Tahu dan Telur Khas Blitar Rp 7.000 Saja

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 07 Jun 2019 18:21 WIB
Foto: dok. detikFood/Lusiana Mustinda Foto: dok. detikFood/Lusiana Mustinda
Blitar - Mudik ke Blitar, ada banyak makanan murah meriah yang wajib dicoba. Salah satunya adalah sate tahu yang gurih manis.

Menyambangi Jalan Jenderal Sudirman, kami tertarik untuk datang ke warung Wisata Sate Tahu Langgeng. Selain sate tahu, di sini ada banyak makanan khas Jawa Timur enak.

Salah satunya adalah nasi pecel, lontong tahu, soto ayam hingga tahu campur.
Murah Meriah, Sate Tahu dan Telur Khas Blitar  Rp 7.000 SajaFoto: dok. detikFood/Lusiana Mustinda
Kami tertarik mencicip nasi sate tahu plus telur dan tahu lontong. Seporsi sate tahu berisi 6 tusuk sate tahu dan telur dadar plus nasi puih.

Baca juga: Ayo, Cicip Gudeg Besek Gaya Blitar yang Gurih Pedas!

Tahu yang digunkan bukan tahu potong kemudian dibakar. Sajian ini memiliki rasa dan tekstu yang unik mirip dengan kikil.

Tenyata sate tahunya dibuat dari adonan aci yang kenyal mirip seperti cilok. Kemudian bagian luarnya dilapisi dengan kulit tahu.

"Ya ini sebenarnya khas Blitar. Rata-rata yang dijual di sini hampir semua terbuat dari tahu," tutur sang penjual kepada detikFood beberapa waktu lalu.

Satenya dibalur dengan sambal kacang. Sensasi bumbu kacangnya gurih dan ada semburat manis. Enak disantap dengan nasi putih dan telur dadar.
Murah Meriah, Sate Tahu dan Telur Khas Blitar  Rp 7.000 SajaFoto: dok. detikFood/Lusiana Mustinda

Selain itu, ada juga lontong tahu yang disajikan dengan topping tauge dan kacang tanah goreng. Disiram dengan kuah kecap bercampur bawang putih enak.

Sajian ini sederhana tapi nikmat. Potongan lontong diberi topping tahu goreng dan tauge lalu disiram kuah kecap yang gurih pedas. Kacang tanah ditaburkan di atasnya hingga ada aksen renyah.
Murah Meriah, Sate Tahu dan Telur Khas Blitar  Rp 7.000 SajaFoto: dok. detikFood/Lusiana Mustinda

Seporsi sate tahu dibanderol dengan harga Rp 7 ribu dan tahu lontong harganya hanya Rp 5 ribu. Sangat ramah di kantong. Ayo mampir!

Baca juga: Di Blitar Pecel Sayuran Dimakan dengan Punten yang Gurih Enak (sob/odi)