Verjus, Pengganti Red Wine Untuk Masakan Eropa yang Halal

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 07 Jun 2019 11:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Red wine banyak dipakai untuk masakan Eropa untuk memberi aroma dan rasa enak. Kini ada red wine halal yang juga membuat sajian Eropa enak dan halal.

Di Eropa terlebih Prancis, Spanyol, dan Italia, penggunaan alkohol dalam sajian sudah jadi hal lumrah. Olahan daging, saus pasta dan lainnya sering diberi campuran red wine.

Tentunya hal itu sangat tidak ramah Muslim. Di mana para Muslim tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi alkohol. Lantas bagaimana membuat sajian khas Eropa yang lezat tanpa campuran alkohol?

Verjus, Pengganti Red Wine Untuk Masakan Eropa yang HalalFoto: Istimewa

Solusi paling sering disebut ialah penggunaan cuka. Namun sari cuka memiliki kandungan alkohol sekitar 0,1-0,15%. Sementara cuka anggur memiliki kandungan alkohol sebesar 0,15-0,3%.

Seorang sous chef Muslim membeberkan bahan pengganti red wine lain yang tidak mengandung alkohol. Menurutnya penggunaan sirup buah atau perasan jeruk hingga tamarin juga bisa memperkuat rasa dan aroma layaknya penggunaan wine.

Namun berdasarkan keterangan Pascal Aussignas, chef dari Club Gascon di London, ada bahan lain yang lebih praktis dan punya rasa yang mirip seperti wine.

Verjus, Pengganti Red Wine Untuk Masakan Eropa yang HalalFoto: Istimewa

Baca juga: Mengandung Alkohol, Apakah Tapai Ketan Halal Dikonsumsi?

"Apa pun yang menambah keasaman - jus apel hijau, lemon atau grapefruit, bisa mengangkat saus dan menambahkan dimensi ekstra. Tetapi, bagi saya solusi terbaik adalah verjus." jelas Pascal pada The Guardian (31/5).

Verjus atau verjuice merupakan cuka yang dibuat dari jus anggur segar. Namun proses pembuatannya tidak melibatkan fase fermentasi. Karenanya verjus tidak mengandung kadar alkohol. Namun tetap membuat candu orang yang mengonsumsinya. "Anda bisa membuatnya putih atau merah," jelas Aussignac.

Verjus, Pengganti Red Wine Untuk Masakan Eropa yang HalalFoto: Istimewa

"Seperti wine yang sudah ada selama berabad-abad, verjus merupakan bahan yang jadi kebutuhan pokok di abad pertengahan ini," tambahnya.

Kabarnya Pascal kerap menggunakan verjus bahkan dalam saus klasik seperti beurre blanc. "Perlakukan itu persis seperti yang Anda lakukan pada red wine. Seperti menambahkannya dengan bawang merah cincang, aduk dengan krim atau mentega, bumbui, dan beri minyak," pungkasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa verjus memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Jika malas membuatnya di rumah, belilah verjus kemasan. Verjus kemasan sudah banyak dijual di situs jual beli online dengan harga sekitar £ 14 (Rp 252 ribu) per satu liter.

Baca juga: Apa Benar Alkohol Menguap Tak Bersisa Saat Dimasak? (adr/odi)