Kuliner Mudik dan Lebaran

Aduh Enaknye! Ada Tupat Laksa hingga Semur Khas Lebaran Betawi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 03 Jun 2019 15:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Masyarakat Betawi punya suguhan khas saat Lebaran. Mulai dari ketupat, sayur gurih, olahan daging, hingga camilan menggugah selera.

Lebaran masyarakat Betawi begitu meriah dengan beragam makanan tradisional. Hidangan menggugah selera ini akan siap tersaji di meja bagi para tamu yang bersilaturahmi ke rumah. Apa saja ya hidangan Lebaran ala Betawi?

1. Tupat laksa

Aduh Enaknye! Ada Tupat Laksa hingga Semur Khas Lebaran BetawiFoto: Istimewa

Foto: Instagram liss0553
Masyarakat Betawi punya tradisi unik terkait ketupat. Pun dalam urusan makanan, mereka punya tupat laksa. Berupa racikan tupat atau ketupat, tauge, dan daun kemangi. Ketupat ini lalu disiram kuah santan dengan aneka bumbu dan udang rebon halus.

Tupat laksa bisa dinikmati dengan beragam lauk. Salah satu yang paling khas adalah sate daging manis. Kini tupat laksa tergolong jarang disajikan sebagai hidangan Lebaran.

2. Tupat sayur Betawi

Aduh Enaknye! Ada Tupat Laksa hingga Semur Khas Lebaran BetawiFoto: Istimewa

Foto: Instagram kedai.32
Yang juga ikonik di hidangan Lebaran masyarakat Betawi adalah tupat sayur Betawi. Sama-sama memakai ketupat, hanya saja sayur gurihnya lebih pedas. Bernama sayur godog, sayur ini berisi irisan pepaya muda atau labu siam serta buncis.

Tupat sayur Betawi biasanya disajikan bersama semur dan kerupuk kanji. Ada juga yang menyajikannya dengan opor ayam. Kuah santannya berwarna putih kekuningan dengan rasa gurih meresap.

3. Semur

Aduh Enaknye! Ada Tupat Laksa hingga Semur Khas Lebaran BetawiFoto: Istimewa

Foto: Istimewa
Lebaran di rumah orang Betawi terasa tidak lengkap tanpa mencicip semurnya. Ciri khas semur Betawi terletak pada kuahnya yang berwarna cokelat kehitaman. Semur ini selalu jadi buruan sebagai lauk pendamping tupat.

Semur bisa dibuat dengan bahan daging sapi, ayam, tahu, tempe hingga telur. Namun untuk Lebaran, kebanyakan orang membuat semur daging sapi.

4. Tape uli

Aduh Enaknye! Ada Tupat Laksa hingga Semur Khas Lebaran BetawiFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Selain hidangan utama, camilan juga banyak tersaji sebagai hidangan Lebaran khas Betawi. Salah satu yang paling khas adalah tape uli. Sajian ini terdiri dari tape ketan dan uli. Cara menikmatinya, tape ketan diguyur atau dicicil dengan uli.

Uli sendiri adalah campuran beras ketan putih dan kelapa yang dikukus. Uli lalu dibungkus daun pisang sehingga aromanya harum enak. Saat dipadukan tape ketan, tape uli terasa manis asam dengan aroma wangi fermentasi tape yang menusuk hidung.

Baca Juga: Murah Meriah, Uli dengan Paduan Tape Ketan Khas Betawi

5. Manisan kolang-kaling

Aduh Enaknye! Ada Tupat Laksa hingga Semur Khas Lebaran BetawiFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Berwarna-warni cerah, inilah manisan khas orang Betawi yang tersaji di banyak rumah saat Lebaran. Manisan kolang-kaling diracik dari buah atap sebagai bahan utamanya. Banyak orang Betawi masih membuat sendiri manisan kolang-kaling saat Lebaran.

Cara membuatnya mudah, kolang-kaling cukup direbus dengan beberapa bahan seperti air dan daun pandang hingga wangi. Selanjutnya diberi pewarna makanan dan gula pasir. Terakhir kolang-kaling dimasak terus hingga airnya berkurang.

Baca Juga: Gampang Banget! Buat Sendiri Saja Manisan Kolang-kaling Kenyal Legit Ini

(adr/odi)