Kuliner Mudik dan Lebaran

5 Tempat Jajan Bakso Urat dan Balungan Enak di Jalur Pantura

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 03 Jun 2019 15:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Penggemar bakso sebaiknya mampir ke lima tempat ini jika mudik melewati jalur Pantura. Ada bakso urat hingga bakso sebesar kepala bayi nan legendaris. Nyam!

Ada banyak kedai bakso di jalur Pantura, namun tidak semuanya punya racikan bakso yang lezat. Anda hanya bisa mencicip bakso urat lezat hingga tulang kuah gurih nikmat di 5 tempat ini.

1. Bakso Eddy

5 Tempat Jajan Bakso Urat dan Balungan Enak di Jalur PanturaFoto: Istimewa

Foto: TripAdvisor
Kedai bakso ini terkenal seantero Probolinggo. Bakso racikan Pak Eddy bahkan disukai banyak selebriti. Kabarnya kedai Bakso Eddy sudah ada sejak tahun 1997.

Pilihan baksonya ada bakso urat, telur hingga tahu isi dan bakwan goreng. Tak ketinggalan bakso goreng yang renyah dan lembut di dalam. Nyam!

Jl. Soekarno Hatta No.158A
Kademangan, Probolinggo
Telp: (0335) 435669

2. Bakso Tekwoleh

5 Tempat Jajan Bakso Urat dan Balungan Enak di Jalur PanturaFoto: Istimewa

Foto: raf adi febrianto
Dikenal dengan bakso ukuran jumbo yang sering disebut sebagai 'bakso kepala bayi', Bakso Tekwoleh selalu bisa puaskan selera pencinta bakso. Meski letaknya tidak dekat dengan jalur utama Pantura, kedai ini selalu jadi buruan penikmat bakso jika berada di Situbondo.

Sudah ada sejak tahun 1978, cita rasa bakso di kedai ini sudah tak diragukan lagi. Kalau ke sini jangan lupa coba bakso nomor satu yang punya diameter sebesar 13 cm.

Bakso Tekwoleh
Krajan, Jatibanteng, Situbondo
Telp: 0852-3221-4455

3. Bakso Tulang 'Bagir Jaya'

5 Tempat Jajan Bakso Urat dan Balungan Enak di Jalur PanturaFoto: Istimewa

Foto: giovannisiregar
Inginkan bakso kuah gurih enak di Indramayu? Jangan lupa mampir ke kedai bakso yang satu ini. Kedai bakso yang terletak di Jl Raya Patrol ini tidak pernah sepi pengunjung.

Rasa bakso tulang yang enak dan pelayan yang ramah jadi keistimewaannya. Tak hanya enak, harga seporsi bakso di sini juga sangat ramah di kantong.

Bakso Tulang Bagir Jaya
Jl. Raya Patrol No.Ds,Patrol Baru, Indramayu
Telp: 0896-6001-2958

4. Bakso Gimin

5 Tempat Jajan Bakso Urat dan Balungan Enak di Jalur PanturaFoto: Istimewa

Foto: Istock
Bakso racikan pak Gimin populer di Kabupaten Brebes maupun diluar Brebes berkat rasanya yang gurih. Bakso dengan perpaduan urat dan daging sapi di sini punya tekstur yang kenyal dan empuk sehingga cocok disiram dengan kuah kaldu yang gurih hangat.

Bakso ini berbeda dengan bakso pada umumnya, karena selain irisan tetelan tapi juga ditambahkan dengan acar timun sehingga rasanya semakin segar.

Bakso Gimin
Jl Jenderal Sudirman no 74
Pulo, Brebes

Baca juga: Lewat Brebes dan Tegal? Jangan Lupa Jajan Enak di 7 Tempat Ini

5. Bakso Balungan Pemalang

5 Tempat Jajan Bakso Urat dan Balungan Enak di Jalur PanturaFoto: Istimewa

Foto: zedka izzud
Bakso dengan paudan balungan atau tulangan enak bisa didapat di kedai bakso ini. Tempatnya yang cukup luas dan terdapat tempat main anak-anak kerap dijadikan spot kuliner bareng keluarga di Pemalang.

Kuahnya yang gurih sedap dengan bakso kenyal selalu bisa puaskan selera. Selain itu, tiap pengunjug bisa mendapat pisang gratis setelah makan bakso.

Bakso Balungan Pemalang
Jl Lenjand DI Panjaitan
Telp: (0284) 324056

Baca juga: Bakso Gulung Bragi: Sedap Mantap! Bakso Gulung dengan Bakso Urat dan Daging yang Kenyal Gurih

(adr/odi)