Lewat Brebes dan Tegal? Jangan Lupa Jajan Enak di 7 Tempat Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 21 Jun 2017 11:11 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kalau mudik lewat Brebes dan Tegal sebaiknya sempatkan diri untuk mencicip makanan enak. Ada sate kambing, soto Gombyang hingga telur asin masir.

Di musim lebaran ini, banyak orang mudik ke kampung halaman. Macet menjadi hal yang lumrah jika sudah mendekati libur lebaran ini. Walaupun begitu, saat melewati daerah Brebes ataupun Tegal, Anda bisa mampir dulu ke rumah makan atau warung makan yang punya makanan enak. Dengan begitu tentu rasa capek pun hilang sekaligus tambah pengalaman mencicip sajian daerah.

Kalau merasa lapar di jalan, beberapa makanan ini bisa Anda coba untuk sajian berbuka ataupun sahur selama di perjalanan. Yuk, intip apa saja makananya.

1. Telur Asin Alun-alun


Telur asin dari BrebesTelur asin dari Brebes. (Foto: Getty Images)
Oleh-oleh apa yang jadi ikon Brebes? Tentu telur asin selalu masuk dalam daftarnya. Saat melewati daerah ini, Anda bisa membeli buah tangan untuk keluarga di kampung berupa telur asin. Sebenarnya, telur asin bisa Anda dapatkan disepanjang jalur Pantura terutama di pusat oleh-oleh seperti di Kecamatan Wanasari, Jalan Pemuda, Jalan Diponegoro serta Jalan Jenderal Sudirman di Kecamatan Brebes.

Tapi kalau bingung memilih telur asin mana yang enak, Anda bisa mencoba Telor Asin Tjoa. Tokonya berada di Jalan Diponegoro. Usaha telur asin ini sudah dimulai sejak 1960-an. Ada beberapa jenis telur asin yang bisa Anda beli yaitu telur rebus asin super, telur rebus asin angon, telur asin panggang serta telur asin bakar.

Telur asin rebus super merupakan telur yang berasal dari telur bebek yang dibei pakan khusus berupa udang sheingga telurnya berwarna kemerahan. Sedangkan untuk telur asin angon ini berasal dari telur bebek liar yang bagian tengahnya berwarna kuning.

Sedangkan telur asin panggang dan bakar adalah telur asin yang diproses dengan cara dipanggang atau dibakar sehingga telurnya terlihat lebih kering dibandingkan dengan yang direbus.

Kalau penasaran langsung saja berkunjung ke toko telur asin istimewa TJOA yang beralamat di Jalan Pangeran Diponegoro No. 268, Brebes.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini untuk Memilih Telur Asin Enak.

2. Bakso Pak Gimin

Bakso yang satu ini bisa jadi pilihan saat ke BrebesBakso yang satu ini bisa jadi pilihan saat ke Brebes. (Foto: iStock/detikFood)
Masih di Brebes, kalau ingin mencicip sajian bakso berkuah segar mampirlah ke sini. Bakso racikan pak Gimin ini terkenal enak di Kabupaten Brebes maupun diluar Brebes, karena rasanya yang gurih. Bakso dengan perpaduan urat dan daging sapi terasa kenyal dan empuk, sangat cocok disiram dengan kuah kaldu yang gurih hangat sehingga sangat cocok disantap malam hari ketika udara dingin.

Agar rasanya semakin enak, tentu sedikit tetelan, mie, tauge, sawi serta taburan bawang goreng, seledri dan sambal bisa ditambahkan. Kuahnya gurih hangat, cocok untuk sajian komplet saat lapar melanda. Sajian bakso yang satu ini berbeda dengan bakso pada umumnya, karena selain irisan tetelan tapi juga ditambahkan dengan acar timun sehingga sajiannya berbeda dan rasanya semakin segar.

Tertarik datang ke warung Pak Gimin? Langsung saja mengarah ke Jalan Ahmad Yani No. 28, Brebes.

Baca juga: Bakso Gulung Bragi: Sedap Mantap! Bakso Gulung dengan Bakso Urat dan Daging yang Kenyal Gurih.

3. Pondok Kupat Sate Blengong Bpk. Kasturi Rajak

Sate blengong khas Brebes dengan kuah santanSate blengong khas Brebes dengan kuah santan. (Foto: ksmtour.com)
Selain telur asin, sate blengong jadi salah satu yang khas di daerah Brebes. Blengong adalah hewan yang merupakan persilangan antara bebek dan entok, sehingga punya tekstur yang mirip dengan bebek. Kalau sedang ada di Brebes, mampirlah untuk mencicip makanan yang satu ini.

Daging blengong di Brebes banyak diolah menjadi sate. Kalau ingin mencoba sate blengong yang legendaris, Anda bisa memilih Pondok Kupat Sate Blengong Bpk. Kasturi Rajak. Di sini tersedia sate blengong bakar, sate blengong masak dan kupat. Potongan daging bebek yang tipis terlihat berwarna kecokelatan dengan lumuran rempah gurih, dibakar dengan arang, seporsi sate blengong ini cocok disantap bersama dengan kupat glabed yang diberi kuah santan gurih serta kerupuk renyah.

Kalau ingin mampir untuk mencicip kelezatan sate blengong, Anda bisa mampir ke Pondok Kupat Sate Blengong Bpk. Katsuri Rajak yang terletak di Jalan Ahmad Dahlan, di perempatan Islamic Center menuju Pasar Batang, Brebes.

4. RM. Sate Mendo Wendi's

Sate kambing TegalSate kambing Tegal. (Foto: ilustrasi detikFood)
Tegal terkenal dengan sajian sate kambing mudanya. Kalau sedang pulang kampung ke Tegal atau sedang melewati daerah ini Anda bisa mencicip sajian enak di rumah makan ini. Di daerah ini tentu ada sangat banyak penjual sate kambing, karena ini juga menjadi salah satu ikon kuliner di Tegal. Salah satu yang bisa Anda datangi adalah rumah makan Wendi's.

Di sini tersedia, sate kambing muda, gule, sop kambing dan garang asem. Potongan sate kambing muda dibakar hingga kecokelatan kemudian disajikan bersama dengan bumbu kecap dan di hidangkan dengan piring panas. Teksturnya empuk sangat cocok dipadu bersama dengan sop kambing ataupun garang asem.

Nasi hangat yang dipadu dengan beberapa tusuk sate kambing serta sop kambing hangat bisa dinikmati bersama dengan secangkir teh poci. Hmm, sedap! Kalau Anda jadi salah satu pecinta sate kambing muda, mampir saja ke rumah makan Sate Mendo Wendi's yang berada di Jalan Letnan Jenderal Suprapto, Kota Tegal.

5. Warung Makan Sauto Pak Da'an / Jenggot
Sauto enak bisa dicoba di TegalSauto enak bisa dicoba di Tegal. (Foto: Tripadvisor)

Soto di Tegal ini berbeda dengan Surabaya ataupun Lamongan. Hidangan soto yang disebut sauto ini merupakan perpaduan antara soto dengan tambahan bumbu tauco. Kalau ke Tegal, ada 2 tempat makan sauto yang jadi andalan warga Tegal yaitu Soto Pasar Senggol yang ada di dekat alun-alun kota dan Soto Sedap Malan yang ada di sepanjang jalan arah Tegal hingga Purwokerto di daerah Talang.

Kalau mau mencoba yang sedap malam, Anda bisa mampir ke warung makan sauto racikan pak Da'an. Meja yang dikelilingi oleh mangkuk berisi isian sauto dijajar rapih. Isiannya berupa nasi, tauge, kol iris, suwiran daging ayam dan aneka pelengkap berupa daun bawang, seledri dan juga sambal. Disiram dengan kuah kaldu yang sudah ditambahkan rempah dan tauco hasilkan rasa yang gurih enak.

Ingin mencobanya? Langsung saja datang ke Warung Makan Sauto Sedap Malam Pak Da'an/ Jenggot di Jalan Raya Talang 100, Tegal.

6. Warung Makan Miraos

Nasi lengko sedap asal TegalNasi lengko sedap asal Tegal. (Foto: detikFood)
Warung makan yang menjual sajian khas Tegal ini mirip seperti warteg dan buka selama 24 jam. Tersedia sauto, nasi lengko, hingga sega ponggol, warung nasi ini juga menyediakan mendoan hingga nasi opor ayam. Disaat lapar melanda di malam hari, Anda bisa mampir ke warung ini.

Minuman hangat yang bisa Anda coba adalah teh poci, STMJ hingga kopi yang enak dinikmati sambil bersantai. Walaupun tempatnya sederhana, tapi pilihan makanannya cukup beragam sehingga bisa jadi pilihan.

Tertarik untuk datang? Warung makan Miraos yang berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 5, Randugunting Tegal Selatan.

7. Warma Pi'an

Warung makan Pi'an di TegalWarung makan Pi'an di Tegal. (Foto: detikFood)
Warung makan Pi'an ini punya sajian andalan yang cukup legendaris yaitu nasi lengko. Sajian ini dipadu dengan tauge, potongan mentimun, irisan tahu goreng, bumbu kacang dan kerupuk mie. Selain nasi lengko, warung ini juga punya beberapa makanan lainnya seperti sate kambing muda, gule kambing serta sop ayam.

Sajian nasi lengko juga semakin sedap saat Anda memadukannya dengan teh poci hangat. Warung makan ini bisa jadi rekomendasi kuliner saat melewati Tegal karena legendaris dan sudah ada sejak tahun 1926. Ingin mampir untuk mencoba nasi lengko enaknya, langsung saja mampir ke Warma Pi'an yang ada di Jalan Kolonen Sudiarta, Kota Tegal. Persisi di seberang Stasiun Tegal.


(lus/odi)
Load Komentar ...