Kuliner Mudik dan Lebaran

Enaknya Pecel Pitik hingga Rujak Soto di Ujung Timur Pulau Jawa

Devi Setya - detikFood Minggu, 02 Jun 2019 15:01 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Meskipun letaknya di ujung pulau Jawa tapi Banyuwangi menawarkan pesona alam dan kuliner yang unik. Kalau menyambangi Banyuwangi, pastikan sedang tidak diet.

Tak banyak kuliner khas Banyuwangi yang dikenal luas tapi ketika datang ke kabupaten ini jangan pernah lewatkan aneka makanan enaknya. Sebut saja pecel pitik, nasi tempong hingga rujak soto yang rasanya dijamin ngangeni.

Kalau sedang ada di Banyuwangi, berikut beberapa kuliner yang wajib dicoba.

1. Pecel Pitik
Enaknya Pecel Pitik hingga Rujak Soto di Ujung Timur Pulau Jawa Foto: istimewa

Beburu kuliner Banyuwangi, satu yang harus jadi tujuan adalah mencicip pecel pitik. Biasanya sajian ini mudak ditemui di kawasan Desa Kemiren, tempat tinggalnya suku osing asli Banyuwangi.

Pecel pitik adalah sajian ayam kampung yang masih muda kemudian dikombinasi dengan urap sayuran dan parutan kelapa berbumbu. Uniknya lagi, kelapa yang digunakan adalah kelapa mentah.

Baca juga : Banyuwangi Punya Kuliner Khas yang Diolah dari Ikan Belut

2. Sego Tempong
Enaknya Pecel Pitik hingga Rujak Soto di Ujung Timur Pulau Jawa Foto: istimewa

Warung sego tempong banyak tersebar di sepanjang jalan di Banyuwangi. Tempong sendiri memiliki arti tampar atau nampol, tapi tak perlu takut ditampar kalau makan di warung ini.

Tampar maksudnya adalah rasa dan porsi makan yang banyak sehingga orang seolah ditampar kelezatannya. Nasi tempong mirip seperti nasi rames yang disajikan dengan aneka lauk mulai dari ayam, ikan, cumi, ikan asin, lalapan hingga sambal. Salah satu warung nasi tempong yang bisa disambangi adalah waruung Mbok Wah yang ada di Jalan Gembrung, Banyuwangi.

3. Rujak Soto
Enaknya Pecel Pitik hingga Rujak Soto di Ujung Timur Pulau Jawa Foto: istimewa

Masyarakat Banyuwangi memiliki kuliner unik hasil kombinasi rujak dan soto. Seporsi rujak soto ini berisi sayuran yang diguyur dengan kuah soto berisi potongan daging, babat dan telur puyuh.

Sensasi rasanya yang unik membuat rujak soto banyak diburu orang-orang yang penasaran. Kalau tertarik mencoba rujak soto di Banyuwangi bisa datang ke kedai Mbok Mbret yang lokasinya di kawasan Benculuk, Banyuwangi.

4. Pecel Rawon
Enaknya Pecel Pitik hingga Rujak Soto di Ujung Timur Pulau Jawa Foto: istimewa

Bukan hanya rujak soto yang jadi kuliner kombinasi khas Banyuwangi tapi ada juga pecel rawon. Jika umumnya pecel dan rawon kerap disajikan terpisah maka di Banyuwangi hidangan ini disajikan sekaligus dalam satu piring.

Pecel sayuran yang diguyur bumbu kacang kemudian dicampur lagi dengan rawon. Biasanya sajian ini dinikmati bersama seporsi nasi putih hangat. Anda bisa mencicip pecel rawon enak di warng Ayu yang ada di Jalan Laksda Adisucipto, Banyuwangi.

Baca juga : Takjil Khas Banyuwangi, Kopyor Roti yang Lembut Legit

5. Botok Tawon
Enaknya Pecel Pitik hingga Rujak Soto di Ujung Timur Pulau Jawa Foto: istimewa

Di Jawa Tengah populer botok yang terbuat dari daun singkong atau daun pepaya. Tapi di Banyuwangi ada botok tawon. Untuk membuat botok tawon ini diperlukan sarang lebah yang akan dimasak dengan berbagai bumbu.

Tekstur lembut sarang lebah yang diracik dengan berbagai bumbu ini sukses membuat banyak orang penasaran sekaligus ketagihan. Kuliner Banyuwangi ini agak sulit ditemui tapi Anda bisa menjajalnya di Warung Bu Misnah yang ada di Desa Lebahbang Kulon, Rogojampi, Banyuwangi.


(dvs/odi)