Kuliner Mudik dan Lebaran

Nasi Tiwul Pacitan dan Sate Sapi Menanti di Jalur Pansela

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 02 Jun 2019 13:36 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Selain jalur Pantura, ada jalur Pansela atau Pantai Selatan yang dipadati pemudik. Kuliner di beberapa kota yang ada di sana juga tak kalah enak dan menarik.

Di jalur Pansela, para pemudik bisa melintasi Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, hingga Lumajang. Barisan kota yang terletak di Jawa Timur ini, punya beberapa makanan dan tempat makan legendaris yang enak.

Baca Juga: Ditunggu 24 Jam di Sate Kambing Muda Khas Brebes

1. Rumah Makan Bu Gandos
Nasi Tiwul Pacitan dan Sate Sapi Menanti di Jalur PanselaFoto: Istimewa

Melintas di Pacitan, mampir dulu ke Rumah Makan Bu Gandos yang terkenal dengan nasi tiwulnya. Rumah makan sederhana ini berlokasi di jalan raya Pacitan Solo KM 5.

Menu yang ditawarkan ada nasi tiwul, hidangan yang dibuat dari singkong. Lauknya pakai ikan laut segar, udang, cumi, hingga tumis jengkol. Bisa juga pakai sate ikan atau gulai ikan tongkol yang gurih sedap.

Warung Makan Bu Gandos Pacitan
Jl. Raya Solo - Pacitan No.KM 5.
Sidoharjo, Pacitan, Jawa Timur.
Telp: 0812-5995-2319
Jam Buka: 06.30 - 17.00

2. Sate Pak Manyol
Nasi Tiwul Pacitan dan Sate Sapi Menanti di Jalur PanselaFoto: Istimewa

Bagi para penggemar sate kambing, bisa mampir ke warung sate Pak Manyol di Trenggalek yang sudah terkenal dengan kelezatannya. Menu makanan yang paling terkenal di sini, sate kambing.

Sate kambing di sini memiliki ciri khas daging yang empuk, dan rasa yang gurih. Paduan sate kambing biasanya disantap dengan gulei berkuah kental, ditambah dengan kecambah di atasnya. Warung sate ini sudah buka sejak puluhan tahun yang lalu.


Sate Kambing Pak Manyol
Jl. Raya Bendorejo, Bendo.
Bondorejo, Trenggalek, Jawa Timur.
Telp: 0821-4167-1025
Jam Buka: 10.00 - 21.00

3. Ayam Lodho Lestari Jaya
Nasi Tiwul Pacitan dan Sate Sapi Menanti di Jalur PanselaFoto: Istimewa

Hampir mirip dengan kuliner di Trenggalek, kota Tulungagung punya ayam lodho yang enak. Hidangan ayam yang satu ini dibuat dari ayam kampung, kemudian disajikan dengan kuah santan yang pedas.

Bentuknya mirip opor, tapi rasanya jauh lebih pedas. Nah, kalau mau coba ayam lodho yang cukup populer di Tulungagung bisa mampir ke Warung Makan Lestari Jaya. Di sini ayam lodhonya punya tekstur daging yang kesat, dan padat. Bumbunya gurih dan meresap sempurna.

Ayam Lodho Lestari Jaya
Jl. Raya Bandung-Campuradat, Krajan, Sukoanyar.
Tulungagung, Jawa Timur.
Telp: (0355) 532620
Jam Buka: 09.00 - 18.00

4. Soto Bok Ireng
Nasi Tiwul Pacitan dan Sate Sapi Menanti di Jalur PanselaFoto: Istimewa

Mudik ke Blitar, rasanya kurang pas jika tidak mencicipi racikan soto Bok Ireng yang sudah melegenda. Soto ini sangat populer di sana, isiannya ada daging sapi campur jeroan, dengan kuah santan yang segar.

Potongan dagingnya empuk dan lembut, ditambah dengan nasi putih, kecambah, dan daun bawang rasanya semakin pas. Soto ini sudah ada sejak 30 tahun yang lalu, dan tak pernah kehilangan penggemarnya.

Soto Daging Bok Ireng
Jalan Kelud, Kepanjen Lor.
Blitar, Jawa Timur.
Telp: 0853-3140-9243
Jam Buka: 07.00 - 15.00

5. Nasi Babat Mak Sirah
Nasi Tiwul Pacitan dan Sate Sapi Menanti di Jalur PanselaFoto: Istimewa

Ke Lumajang, ada Nasi Babat Mak Sirah yang bikin rindu dan dipenuhi banyak pengunjung. Jualannya di Pasar Baru Lumajang, menu yang ditawarkan juga cukup sederhana.

Ada nasi putih yang dicampur dengan babat, kemudian bisa dilengkapi dengan mie goreng, tempe kubis tumis, sambal, dan tentunya orek tempe.

Nasi Babat Mak Sirah
Pasar Baru Lumajang.
Lumajang, Jawa Timur.
Jam Buka: 21.00 - 10.00

Baca Juga: Kare Ranjungan hingga Pindang Gombyang Enak Ada di 5 Kota Pantura Ini (sob/odi)