Kuliner Lebaran dan Mudik

Ini Potongan Daging Sapi yang Paling Cocok Untuk Rendang

Dewi Anggraini - detikFood Minggu, 02 Jun 2019 08:57 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sebenarnya daging sapi bagian mana yang paling enak untuk diolah menjadi rendang? Jika bingung, simak penjelasan pakar kuliner Minang berikut.

Bukan tanpa alasan rendang dijadikan sajian terlezat di dunia. Selain memiliki cita rasa yang sedap, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membuatnya. Bahan yang digunakan pun lebih lengkap hingga membuat rasa rendang lebih kompleks. Namun yang paling utama tentu bahan dasarnya yaitu daging sapi.

Ini Potongan Daging Sapi yang Paling Cocok Untuk RendangFoto: detikFood/iStock

Lantas potongan daging sapi bagian mana yang pas diolah menjadi rendang? Menurut pakar kuliner Minang, Uni Reno Andam Suri, masyarakat Minang biasanya menggunakan potongan daging sapi bagian paha.

Baca juga:5 Rendang Nabati Ini Tak Kalah Enak dari Rendang Daging

"Aslinya karena dimasak dengan waktu yang cukup lama, masyarakat Minang biasanya memakai daging bagian paha atau sengkel atau kelapa," jelas penulis buku 'Rendang, Minang Legacy to the World'.

Ini Potongan Daging Sapi yang Paling Cocok Untuk RendangFoto: iStock

Daging kelapa merupakan bagian daging sapi yang berasal dari paha belakang bagian atas yang berada di antara penutup dan gandik. Berbeda dengan masyarakat Minang, warga Jakarta justru lebih menyukai daging yang lebih empuk.

"Tapi kalau di Jakarta, orang mau rendangnya yang empuk jadi mulai bergeser ke bagian daging sapi has dalam atau has luar," tambahnya.

Menurut Uni Reno, baik bagian paha, kelapa atau pun has dalam, semuanya bisa dimasak menjadi rendang. Anda hanya tinggal memilih inginkan rendang dengan tekstur yang seperti apa. Jika ingin daging yang empuk, tentu daging sapi has dalam atau luar bisa jadi pilihan tepat.

Ini Potongan Daging Sapi yang Paling Cocok Untuk RendangFoto: iStock

Oh ya, jika sudah memilih jenis daging yang diinginkan. Selanjutnya perhatikan kondisi daging sapi saat membeli. Biasanya daging sapi yang baik memiliki kondisi yang mengkilap, berwarna cerah (merah) atau tidak pucat, tidak berbau asam atau busuk. Saat dipegang daging juga akan terasa basah namun tidak lengket di tangan, elastis dan tidak lembek.

Setelahnya ikuti cara memotong daging yang benar. Daging sebaiknya dipotong melintang serat. Tujuannya agar daging menjadi lebih mudah lunak dan menyerap bumbu. Untuk membuat rendang, sebaiknya potong daging sekitar 50-70 gram.

Baca juga: Ini Resep Asli Rendang Padang dan Ragam Jenis Rendang (dwa/odi)