Kuliner Mudik dan Lebaran

5 Soto Kudus Legendaris yang Juara Lezatnya

Devi Setya - detikFood Sabtu, 01 Jun 2019 15:18 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Tiba di Kudus, wajib rasanya mencicip sajian soto yang terkenal seantero Indonesia ini. Kuah gurih bening serta mangkuk mungil jadi ciri khasnya.

Kota Kretek ini punya ragam soto enak yang tak ada tandingannya. Semangkuk soto kudus ternyata punya beberapa versi lho, ada yang disajikan dengan daging ayam tapi ada juga yang menggunakan daging sapi.

Berikut beberapa soto legendaris yang bisa dicoba kalau mudik ke Kudus.

1. Soto Kudus Bu Jatmi
5 Soto Kudus Legendaris yang Juara LezatnyaFoto: Istimewa

Kedai soto kudus yang satu ini hadir dengan isian daging kerbau. Kuah kaldu yang kuning kental menjadi pelengkap gurihnya soto berisi kecambah dan irisan daun seledri.

Kelezatan soto ini dipertegas dengan tambahan taburan bawang goreng, sambal dan perasan jeruk nipis. Seporsi soto kudus ini bisa dinikmati dengan nasi putih, perkedel dan aneka gorengan serta sate.

Baca juga : Jangan Tinggalkan Kota Kudus Sebelum Cicipi Nasi Jangkrik dan Lentog Tanjung

2. Soto Pak Ramidjan
5 Soto Kudus Legendaris yang Juara LezatnyaFoto: Istimewa

Soto kudus yang terbilang legendaris ini juga hadir dengan irisan daging kerbau yang empuk dan gurih berbumbu. Kedai soto yang sudah ada sejak tahun 1950 ini menawarkan soto yang bisa dinikmati dengan berbagai pilihan sate.

Jika di tempat lain semangkuk soto tak menggunakan soun maka di kedai Pak Ramidjan disajikan dengan isian soun, tauge, kol, kacang kedelai dan pastinya irisan daging kerbu. Yang membuatnya makin menggoda adalah taburan bawang putih goreng yang harum.

3. Soto Pak Denuh
5 Soto Kudus Legendaris yang Juara LezatnyaFoto: istimewa

Kalau mencari soto kudus asli yang menggunakan daging ayam kampung maka coba datang ke kedai milik Pak Denuh. Saking legendarisnya, warung soto ini bahkan kabarnya sudah eksis sejak zaman penjajahan Jepang.

Soto ayam ini memiliki kuah kaldu putih keruh dengan sedikit minyak menggenang. Isiannya suwiran ayam kampung empuk yang gurih. Pelengkapnya ada sate ampela, sate lur puyuh hingga aneka gorengan.

4. Soto Karso Karsi
Kedai soto yang berlokasi di Jalan R. Agil Kusumayudha, Kudus ini punya soto kudus daging kerbau yang juga enak. Jangan heran kalau mendapati warung yang penuh setiap harinya, banyak orang memang ketagihan dengann soto gurih ini.

Mangkuk mungil menjadi wadah soto kudus di tempat ini. Isiannya ada nasi, tauge, daun bawang dan daging kerbau. Semuanya diguyur kuah kaldu yang gurih berbumbu. Saking enaknya, banyak pengunjung yang tak cukup makan semangkuk.

5. Soto Pak H. Sulichan
5 Soto Kudus Legendaris yang Juara LezatnyaFoto: iStock

Berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, soto kudus yang satu ini hadir dengan suwiran ayam kampung yang berlimpah. Meskipun warungnya kerap penuh sesak, pengunjung seolah rela antre demi mencicip semangkuk soto gurih nikmat.

Soto kudus di sini bisa disantap dengan tambahan perkedel kentang hingga kerupuk rambak. Oiya jangan lupa juga cicip nasi pindang khas Kudus yang tak kalah menggoda.

Baca juga : Pusat Oleh-Oleh di Jalur Pantura Kudus Siap Sambut Pemudik (dvs/odi)