Salah Masukkan Angka, Wanita Ini Bayar Bakpao Seharga Rp 23 Juta

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 01 Jun 2019 11:37 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Beli bakpao menggunakan metode pembayaran digital, wanita asal China ini malah salah masukan nominal. Iapun bayar bakpao hingga puluhan juta rupiah.

Bakpao jadi salah satu camilan populer di China. Biasanya dijual di pinggir jalan hingga restoran, kini tren uang digital atau metode pembayaran digital juga sudah merambah ke toko bakpao.

Baca Juga: Presiden China Xi Jinping Tertangkap Kamera Jajan bakpao Sendirian
Salah Masukkan Angka, Wanita Ini Bayar Bakpao Seharga Rp 23 JutaFoto: Istimewa

Baru-baru ini seorang pembeli yang kurang teliti, harus rela membayar bakpao yang dibelinya dengan harga 11.112 yuan, atau sekitar Rp 23 juta. Bukan penjual yang menaruh harga fantastis untuk bakpao yang dijualnya, melainkan sang pembeli yang salah memasukkan jumlah pembayaran.

Dilansir Shine (30/05), saat itu pembeli yang tidak disebutkan namanya ini, membeli beberapa buah bakpao dari toko bakpao yang ada di Suzhou, Provinsi Jiangsu, China.

Setelah memilih bakpao pesanannya, ia kemudian memilih pembayaran digital. Sayangnya dia justru memasukan kode keamanan berupa angka ke dalam nominal pembayaran, sehingga tagihannya membengkak hingga Rp 23 juta.
Salah Masukkan Angka, Wanita Ini Bayar Bakpao Seharga Rp 23 JutaFoto: Istimewa

Menyadari hal ini, sang pemilik toko langsung menghubungi polisi untuk mencari pembeli tersebut. Untungnya lewat aplikasi pesan WeChat, polisi berhasil menemukan pembeli ini.

Akhirnya kelebihan uang tersebut langsung dikembalikan kepada sang pembeli, oleh pihak restoran. Sang pembeli pun mengungkapkan rasa terima kasihnya ke pemilik toko, yang dengan jujur mengembalikan uangnya.

Banyak netizen yang merespon kejadian ini. Banyak dari mereka yang memuji pemilik toko bakpao, ada juga yang mengkritik sang pembeli karena tidak teliti.
Salah Masukkan Angka, Wanita Ini Bayar Bakpao Seharga Rp 23 JutaFoto: Istimewa

"bakpao seharga Rp 23 juta? Semoga saja rasa bakpao itu sangat enak," pungkas netizen lain.

Sebelumnya metode pembayaran digital di China juga sempat menarik perhatian. Salah satu gerai mie di China Selatan menyadari kebohongan salah satu pelanggannya, yang menggunakan bon digital palsu agar bisa makan mie gratis selama berbulan-bulan.

Baca Juga: Tunjukkan Bon Palsu, Pria Ini Makan Gratis Puluhan Mangkuk Mie Setiap Bulan

(sob/odi)