Ibu Ini Bujuk Anak Minum Obat Pakai Buah Semangka

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 31 Mei 2019 18:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Anak-anak biasanya sulit untuk minum obat. Tapi ibu asal China ini, punya trik yang pintar untuk mengelabui sang anak agar mau makan obat tanpa dipaksa.

Punya rasa yang pahit dan hambar, membuat banyak anak-anak menolak dan berlari ketika akan diberikan obat atau vitamin. Sehingga banyak ibu yang mulai memutar otak mereka, dan mencari cara untuk memberikan obat kepada anak-anaknya.

Baca Juga: Agar Obat Berkhasiat, Jangan Minum Obat dengan 7 Makanan Ini
Ibu Ini Bujuk Anak Minum Obat Pakai Buah SemangkaFoto: Istimewa

Dilansir Global Times (30/05), lewat video yang diunggah oleh Knews, seorang ibu menunjukkan berbagai trik agar sang anak mau minum obat. Salah satunya dengan menggunakan buah semangka, hingga kemasan yogurt yang sudah dilubangi.

Wanita yang identitasnya tidak disebutkan ini, berasal dari Zhengzhou, Provinsi Henan, China. Dalam video berdurasi pendek tersebut, terlihat ia menyembunyikan satu mangkuk berisi cairan tonik, ke dalam buah semangka yang sudah kosong.

Kemudian di bagian atas buah semangka itu, ia berikan lubang kecil untuk sedotan. Ia memberikan semangka itu kepada putranya yang masih balita, tanpa banyak perlawanan, putranya itu langsung meminum tonik tersebut dan berpikir bahwa dia tengah meminum jus semangka yang manis.
Ibu Ini Bujuk Anak Minum Obat Pakai Buah SemangkaFoto: Istimewa

Tak hanya menggunakan buah semangka saja, dalam video yang lain, sang ibu juga menggunakan kotak jus. Kotak jus tersebut ditempeli botol obat sirup, dan sedotannya dimasukkan ke dalam botol sehingga sang anak dengan mudah meminum obatnya.

Caranya yang kreatif ini berhasil membuat beberapa ibu, dan netizen terhibur. Banyak yang berhasil menerapkan trik ini, tapi banyak juga netizen yang mengeluhkan bahwa trik ini tidak berhasil untuk anak-anak mereka.

"Saya mencoba memberikan obat kepada anak saya yang masih berusia delapan bulan dengan cara ini. Tapi dia langsung memuntahkannya kembali, karena dia tahu bahwa itu obat," tulis salah satu netizen.
Ibu Ini Bujuk Anak Minum Obat Pakai Buah SemangkaFoto: Istimewa
Sementara netizen lainnya tetap memuji kreativitas wanita ini, yang hadir dengan menggabungkan makanan dan minuman yang disukai sang anak sebagai cara meminum obat.

"Sangat sulit menjadi seorang ibu. Dia (ibu ini) sangat pintar, dan telah melakukan hal yang benar," puji seorang netizen.

Baca Juga: Untuk Redakan Batuk, Amankah Memberikan Madu Pada Si Kecil?

(sob/odi)