Kuliner Mudik dan Lebaran

Di Jalur Gresik ke Banyuwangi Ada Kelan Ikan dan Sego Tempong Sedap

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 31 Mei 2019 18:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sepanjang jalur Pantura, lewati Gresik, Sidoarjo, hingga Banyuwangi. Kota-kota di Jawa Timur ini, punya ragam kuliner lenak yang wajib untuk dicoba saat melintasi.

Perjalanan mudik yang panjang, bisa diisi dengan kulineran enak di setiap kota yang disinggahi. Jika melintasi kota-kota di Jawa Timur, coba saja cicip kelan ikan sembilang khas Gresik, atau rawon nguling yang populer di Probolinggo.

Baca Juga: Sate Kerbau dan Pindang Serani Enak Menanti Kamu di Jepara


1. Kelan Ikan Sembilang Pak Kasan

Di Jalur Gresik ke Banyuwangi Ada Kelan Ikan dan Sego Tempong SedapFoto: Istimewa

Di Gresik ada rumah makan Pak Kasan yang tak pernah sepi dari pengunjung, terutama pada musim arus mudik. Makanan yang disajikan ada olahan kelan sembilang, yang mirip seperti hidangan asam-asam kelo kuning.

Hidangan ini terbuat dari ikan sembilang, jenis ikan laut yang mirip seperti lele. Biasanya ikan sembilang ini disajikan dengan nasi putih hangat, dan gerusan cabe rawit yang pedas.

Warung Pak Kasan Sembilang
Area Sawah/Kebun, Bedanten, Bungah.
Gresik, Jawa Timur.
Telp: 0823-3108-9849
Jam Buka: 08.00 - 18.00


2. Lontong Kikil Sepanjang Pak Madekan

Di Jalur Gresik ke Banyuwangi Ada Kelan Ikan dan Sego Tempong SedapFoto: Istimewa
Melintas di Sidoarjo, ada lontong kikil punya Pak Madekan yang legendaris, dan sudah berjualan sejak tahun 1960an. Lontong kikil sapi ini merupakan hidangan yang terbilang populer di kota Siodarjo.

Hidangan ini terkenal dengan rasa bumbu khas dari resep keluarga yang tak pernah berubah. Kemudian ditambah dengan potongan kikil asli, tanpa campuran kepala yang membuat rasanya lebih mantap.

Lontong Kikil Sepanjang Pak Madekan
Jl. Raya Wonocolo No.37, Wonocolo, Kec. Taman.
Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
Telp: 0878-2549-3173
Jam Buka: 10.00 - 23.00

3. Nasi Punel Hj. Lin
Di Jalur Gresik ke Banyuwangi Ada Kelan Ikan dan Sego Tempong SedapFoto: Istimewa
Mampir ke Pasuruan, ada menu sarapan nasi punel khas Bangil yang digemari banyak orang. Hidangan yang satu ini biasanya disajikan di atas piring berlapis daun pisang, ditaburkan serundeng.

Nah, di warung makan punya Hj. Lin nasi punel disajikan dengan sate kerang, tahu, hingga kikil. Kemudian lauk utamanya ada ayam goreng, empal, telor dadar, hingga dendeng. Dijamin makan di sini langsung kenyang.

Nasi Punel Hj. Lin
Jl. DR. Soetomo No.9, Gempeng.
Pasuruan, Jawa Timur.
Telp: 0851-0176-9354
Jam Buka: 06.30 - 20.00

4. Rawon Nguling
Di Jalur Gresik ke Banyuwangi Ada Kelan Ikan dan Sego Tempong SedapFoto: Istimewa

Populer di daerah yang ada di Jawa Timur, banyak yang bilang bahwa rawon nguling aslinya berasal dari Probolinggo. Di RM Rawon Nguling, rawonnya terkenal gurih mlekoh.

Rawon dicampur dengan nasi putih, irisan daging sapi, toge, hingga sambal terasi yang sedap. Apalagi disantap ketika masih panas, jangan lupa tambahkan telur asin, atau empal yang empuk.

Rawon Nguling
Jl. Raya Tambakrejo No.75, Krajan, Tambakrejo.
Probolinggo, Jawa Timur.
Telp: (0335) 511350
Jam Buka: 06.00 - 21.00

5. Sego Tempong Mbok Wah
Di Jalur Gresik ke Banyuwangi Ada Kelan Ikan dan Sego Tempong SedapFoto: Istimewa

Di ujung Jawa Timur, ada kota Banyuwangi yang menawarkan berbagai kuliner enak. Salah satunya sego tempong, yang gurih, pedas, dan tentunya mengenyangkan. Salah satu sego tempong legendaris dada di warung makan Mbok Wah, yang selalu ramai pengunjung.

Mirip seperti warteg, semua menu disajikan dan bisa dipilih sepuasnya. Salah satu lauk andalannya ada ayam goreng, udang goreng, ikan, telur dadar, hingga kepiting goreng. Lalu semua makanan ini disantap dengan sambal tempong, yang dibuat dadakan. Sedep!

Sego Tempong Mbok Wah
Jl. Gembrung No.220, Lingkungan Watu Ulo R, Bakungan.
Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Telp: 0822-3163-1493
Jam Buka: 08.00 - 23.00

Baca Juga: Lewat Tegal, Ada Rujak Teplak hingga Sauto Sedap Menanti Anda

(sob/odi)