Kuliner Mudik dan Lebaran

Sate Kerbau dan Pindang Serani Enak Menanti Kamu di Jepara

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 30 Mei 2019 11:20 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Melewati jalur pantura, ada kota Jepara yang punya beragam kuliner enak. Mulai dari pindang ikan, sop udang, pecel, hingga sate kerbau.

Kota Jepara di provinsi Jawa Tengah punya markas 'Avengers' untuk layani pemudik. Jepara juga menawarkan beberapa makanan legendaris yang wajib dicicipi.

Baca Juga: Lewat Tegal, Ada Rujak Teplak hingga Sauto Sedap Menanti Anda

1. Warung Makan Pindang Serani

Sate Kerbau dan Pindang Serani Enak Menanti Kamu di JeparaFoto: Istimewa

Jepara terkenal dengan hidangan pindang serani yang khas. Kalau mau makan pindang serani yang enak dan autentik, bisa langsung mampir ke warung makan Pindang Serani yang ada di jalan Jobokuto.

Di sini pindang menggunakan ikan laut segar, seperti kerapu atau bandeng. Kemudian ikan-ikan ini disajikan dengan kuah kuning hangat, yang memiliki rasa gurih lengkap dengan irisan daun bawang, hingga tomat segar.

Warung Makan Pindang Serani dan Ikan Bakar Karimun
Jobokuto II, Jobokuto.
Jepara, Jawa Tengah.
Jam Buka: 06.00 - 23.00.

2. Sop Udang Senenan

Sate Kerbau dan Pindang Serani Enak Menanti Kamu di JeparaFoto: Istimewa

Sop udang yang satu ini terkenal dengan bumbu berempah, dan rasa kuah yang enak. Kalau ke Jepara tak lengkap jika tidak mencicipi Sop Udang Senenan, yang ada di jalan Wahid Hasyim.

Berbeda dengan sop udang di daerah lain, di sini ciri khasnya terletak pada kuah kaldunya. Sop udang di sini, diracik dari kaldu udang kemudian ditaburi bawang goreng agar rasanya lebih gurih. Sementara itu untuk jejak rasa pedasnya, biasanya sop udang ditambah dengan cabe yang digeprek.

Sop Udang Senenan
Jl. Wahid Hasyim No.151, Rw. IV, Potroyudan.
Jepara, Jawa Tengah.
Telp: 07.30 - 15.00

3. Rumah Makan H. Ismun

Sate Kerbau dan Pindang Serani Enak Menanti Kamu di JeparaFoto: Istimewa

Termasuk ke dalam salah satu restoran legendaris di wilayah Jepara. Rumah Makan H. Ismun tidak pernah sepi dari pengunjung, terutama di masa mudik seperti sekarang. Apalagi letaknya yang berada di jalan raya antara Jepara menuju Kudus.

Untuk menu makanan, yang disajikan cukup beragam. Mulai dari aneka nasi rames, sop daging, telur, ayam goreng, hingga olahan daging kerbau. Tak ketinggalan pilihan menu seafood yang mengenyangkan.

Rumah Makan H. Ismun
Jalan Raya Jepara Kudus No.212.
Margoyoso, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.
Telp: (0291) 755617
Jam Buka: 06.00 - 20.00

4. Pecel Ringin Jaya

Sate Kerbau dan Pindang Serani Enak Menanti Kamu di JeparaFoto: Istimewa

Makan pecel di Jepara berbeda dengan pecel di daerah lainnya. Salah satu yang paling terkenal ada warung pecel Ringin Jaya, yang sudah ada sejak tahun 1965. Warung pecel ini cukup sederhana, tapi untuk masalah rasa makanan tidak perlu diragukan lagi.

Ciri khas pecel ini terletak pada campuran aneka sayur seperti tauge, bayam, kacang panjang, dan kecombrang. Kemudian tambahan pecelnya ada horog-horog, nasi khas Jepara yang dibuat dari tepung aren. Rasanya kenyal, dan sedikit gurih. Wajib untuk dicoba!

Pecel Ringin Jaya
Demaan VII, Demaan.
Jepara, Jawa Tengah.
Jam Buka: 09.00 - 16.00

5. Sate Kerbau H. Darno

Sate Kerbau dan Pindang Serani Enak Menanti Kamu di JeparaFoto: Istimewa

Jika bosan dengan sate ayam atau kambing, bisa mampir ke warung sate H. Darno yang menyajikan sate kerbau khas Jepara. Berbeda dengan sate ayam atau kambing, di sini semua satenya punya potongan daging yang cukup besar.

Meski menggunakan daging kerbau, tapi teksturnya tetap kenyal dan empuk. Sate ini tidak alot, dan rasanya semakin enak ketika disantap dengan bumbu kacang kecap pakai lontong atau nasi putih.

Warung Makan Sate Kerbau Bp. Haji Darno
Jl. Yos Sudarso, Jobokuto II.
Jepara, Jawa Tengah.
Telp: 0812-2931-365
Jam Buka: 03.30 - 21.30

Baca Juga: Kriuk Renyah Kue Otere-otere Khas Makassar yang Diburu Saat Lebaran (lus/odi)