Kuliner Mudik dan Lebaran

Penggemar Sate! Ini 5 Sate Enak di Jawa Tengah yang Harus Kamu Coba

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 31 Mei 2019 15:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bagi penggemar sate, tak ada salahnya mencicip sate khas daerah saat mudik di wilayah Jawa Tengah ini. Ada sate srepeh hingga sate laler yang wajib dicoba!

Sate termasuk kuliner ikonik Indonesia. Banyak daerah memiliki racikan sate khas masing-masing. Di Kudus, misalnya, terkenal dengan sate kerbau. Sementara di Tegal ada sate kambing muda yang sayang dilewatkan. Berikut 5 sate enak di Jawa Tengah yang harus kamu coba.

1. Sate kambing batibul/balibul

Penggemar Sate! Ini 5 Sate Enak di Jawa Tengah yang Harus Kamu CobaFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Melintasi Brebes dan Tegal jangan lewatkan cicip sate kambing yang empuk dan juicy. Kuncinya ada pada penggunaan daging kambing muda usia batibul (bawah tiga bulan) dan balibul (bawah lima bulan). Bisa pilih sate daging saja atau diselipi lemak dan jeroan kambing.

Jodoh sate kambing muda tentu saja sambal kecap. Diracik dari kecap manis dengan isian potongan bawang merah, tomat, dan cabai rawit. Beberapa penjaja sate kambing populer di Tegal adalah Sate Kambing Batibul Bang Awi dan Sate Mendo Wendy's. Sementara di Brebes ada sate kambing H. Suharjo yang berlokasi di Jl. A Yani No.32.

Baca Juga: Ditunggu 24 Jam di Sate Kambing Muda Khas Brebes

2. Sate loso

Penggemar Sate! Ini 5 Sate Enak di Jawa Tengah yang Harus Kamu CobaFoto: Istimewa

Foto: Instagram kulinerpemalang
Dari Pemalang ada sate loso yang jadi favorit banyak warga lokal. Sate Loso diambil dari nama Pak Loso, konon ia adalah penemu sate ini yang berasal dari Weleri. Sate loso berbahan utama daging kerbau atau daging sapi yang sudah dibacem dulu sebelum dibakar.

Bumbu sate loso adalah bumbu kacang berwarna merah karena dipadukan dengan cabai merah yang pedas enak. Sate loso biasanya disajikan dengan sup berisi urat, tulang muda, dan tauge. Racikan sate loso enak bisa dinikmati di Sate Loso Pak Mul di Jalan Urip Sumoharjo dan RM Sate Loso Pah In.

3. Sate laler

Penggemar Sate! Ini 5 Sate Enak di Jawa Tengah yang Harus Kamu CobaFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Namanya sate laler, tapi kuliner khas Rembang ini tidak dibuat dengan lalat atau laler. Sate laler berisi potongan kecil daging kambing. Keunikannya terletak pada penyajian yang menggunakan bungkus daun jati sehingga lebih harum.

Pendamping sate laler adalah sambal kecap yang diberi irisan bawang merah dan tomat. Sate laler mudah ditemui di sepanjang trotoar Jalan Kartini Rembang.

4. Sate kikil

Penggemar Sate! Ini 5 Sate Enak di Jawa Tengah yang Harus Kamu CobaFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Dari Jepara ada sate kikil yang kenyal enak. Nama lain hidangan ini adalah sate cecek. Bahan utamanya kikil sapi dan santan. Untuk bumbu halusnya diracik bersama kacang tanah goreng, cabai merah keriting, kencur, bawang putih dan terasi.

Sate kikil makin enak dimakan dengan kerupuk kulit. Selain di Jepara, sate kikil juga mudah ditemui di Yogyakarta dan Surabaya.

5. Sate kerbau

Penggemar Sate! Ini 5 Sate Enak di Jawa Tengah yang Harus Kamu CobaFoto: Trip Advisor

Terakhir, dari Kudus ada sate kerbau yang tampilannya gelap berwarna cokelat tua. Sate ini diberi bumbu gula Jawa sehingga aromanya unik dan enak. Meski daging kerbau cenderung lebih keras dibanding sapi, kalau mengolahnya tepat maka sate kerbau juga bisa empuk.

Sate kerbau khas Kudus dinikmati dengan saus kacang. Salah satu tempat terpopuler cicip sate kerbau adalah Sate Pak Min Jastro. Sementara di Demak, sate kudus enak bisa dicicip di warung Pak Abu.

Baca Juga: Legit Ngangeni Sate Kerbau Pak Min

(adr/odi)