ADVERTISEMENT

Kuliner Mudik dan Lebaran

5 Rekomendasi Tempat Jajan Nasi Jamblang Cirebon yang Sedap

Lusiana Mustinda - detikFood
Selasa, 28 Mei 2019 17:15 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Selain empal gentong, nasi jamblang identik dengan kota Cirebon. Dibungkus daun jati, nasi jamblang bisa jadi menu kulineran yang wajib dicoba saat mudik.

Nasi jamblang merupakan kuliner khas Cirebon yang masuk dalam 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia atau IKTI. Alas daun jati jadi ciri khas nasi jamblang. Tak hanya menambah aroma tapi juga sensasi sedap yang menggugah selera.

Saat mudik, Anda bisa mampir mencicip sepiring nasi jamblang enak. Di beberapa tempat ini.

1. Nasi Jamblang Ibu Nur

5 Rekomendasi Tempat Jajan Nasi Jamblang Cirebon yang SedapFoto: Dok.detikFood

Nasi Jamblang Ibu Nur jadi salah satu spot kuliner yang terkenal akan nasi jamblangnya. Di sini disajikan banyak pilihan lauk pauk yang dibuat secara prasmanan.

Menunya sangat beragam, mulai dari sate usus, tauco, daging sapi hingga lidah sapi. Nasi yang dibungkus dengan daun jati enak juga disantap dengan sambal goreng spesialnya.

Uniknya, di warung nasi jamblang ini kursi dan mejanya memiliki tinggi sejajar. Sehingga para pelanggan harus menyangga piring dengan tangannya saat menikmati makanan.

Nasi Jamblang Ibu Nur
Jl. Cangkring 2 No, 45
Cirebon

Baca juga: Mampir Cirebon, Enaknya Santap Siang di Nasi Jamblang Ibu Nur


2. Nasi Jamblang Tulen

5 Rekomendasi Tempat Jajan Nasi Jamblang Cirebon yang SedapFoto: iStock

Nasi jamblang ini dimiliki oleh generasi ke lima dari pembuat nasi jamblang pertama yaitu Ny Tan Piaw Lun yang akrab disapa dengan Mbah Pulung.

Masih menggunakan cara tradisional dalam memasak. Ada banyak menu makanan yang disuguhkan seperti cumi hitam hingga perkedel. Nasinya memiliki aroma yang khas karena dibungkus dengan daun jati.

Selain nasi jamblang, warung ini juga menyediakan empak gentong berkuah gurih dan sedap.

Nasi Jamblang Tulen
Depan Pasar Jamblang
Jl. Raya Jamblang No. 100
Kasugengan, Cirebon
Telp: (0231) 341510

Baca juga: Berawal dari Sedekah, Nasi Jamblang Ini Kini Jadi Buruan Pelancong di Cirebon

3. Nasi Jamblang Pelabuhan

5 Rekomendasi Tempat Jajan Nasi Jamblang Cirebon yang SedapFoto: Aneka menu Nasi Jamblang Pelabuhan (Fitraya/detikTravel)

Di warung sederhana ini, nasi jamblang disajikan dengan ragam lauk enak. Nasi jamblang Ibu Sumarni ini jadi salah satu yang populer. Daun jati yang masih muda jadi pembungkus nasinya.

Lauknya ada ikan pari, tahu, telur dadar, paru goreng, tempe, sate telur puyuh, daging hingga sambal merahnya yang khas. Sambal merahnya disisir sehingga rasanya tak terlalu pedas namun enak. Jangan lupa perkedel kentangnya yang renyah wangi. Wah mantap!

Nasi Jamblang Pelabuhan
Jl. Bima No. 2
Cirebon



4. Nasi Jamblang Mang Dul

5 Rekomendasi Tempat Jajan Nasi Jamblang Cirebon yang SedapFoto: Instagram

Nasi jamblang Mang Dul ini konon jadi langganan Pak SBY. Termasuk yang legendaris, warung nasi jamblang ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Di sini ada sekitar 20 hingga 30 lauk yang bisa disantap sebagai teman makan nasi berbungkus daun jati.

Mulai dari tumis balakutak, tempe goreng, tumis kerang, pepes hingga tahu goreng. Harga sepoirsi nasi jamblang dibandrol sekitar Rp 17.000 sampai Rp 25.000 tergantung jumlah lauk yang dipilih.

Nasi Jamblang Mang Dul
Jl. Cipto Mangunkusumo N0. 8
Pekiringan, Kesambi, Cirebon

5. Nasi Jamblang Pitri

5 Rekomendasi Tempat Jajan Nasi Jamblang Cirebon yang SedapFoto: Instagram

Saat melewati Cirebon tengah malam, warung makan ini bisa jadi pilihan mengisi perut. Beroperasi sejak pukul 8 malam sampai jam 3 pagi, Anda bisa menikmati nasi jamblang komplet.

Lauk yang disajikan secara prasmanan di dalam wadah ini terlihat sangat menarik dan enak. Ada sate usus, telur ceplok, paru, sambal hingga ati ampela. Nasi dalam daun jati disajikan lengkap dengan sambal merah. Enak dan bikin ketagihan!

Nasi Jamblang Pitri
Seberang Grage Mall
Pekiringan, Cirebon

Baca juga: Main ke Cirebon, Jangan Lupa Bawa Oleh-oleh Intip yang Gurih Renyah! (lus/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT