Kuliner Mudik dan Lebaran

Mampir ke Tempat Makan Ini Kalau Melintas Cikampek hingga Indramayu

Devi Setya - detikFood Selasa, 28 Mei 2019 17:00 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Jalur pantura masih jadi primadona bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Di awal perjalanan, Anda lansung bisa menjajal berbagai makanan enak mulai Cikampek hingga Indramayu.

Para pemudik yang melakukan perjalanan menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur akan melintas Bekasi, Cikampek, Karawang, Purwakarta hingga Indramayu sebelum masuk ke kawasan Jawa Tengah. Nah kalau behenti di beberapa titik untuk istirahat, jangan lupa cicip kuliner khasnya.

Berikut beberapa rekomendasi kuliner-kuliner khas yang bisa disambangi.

1. Gabus Pucung, Bekasi
Mampir ke Tempat Makan Ini Kalau Melintas Cikampek hingga IndramayuFoto: Istimewa

Kuliner khas Betawi ini bisa dengan mudah ditemui di sepanjang jalur Bekasi hingga Karawang. Olahan ikan gabus yang dimasak dengan bumbu kluwek ini siap memanjakan lidah saat berbuka puasa. Meski warnanya hitam pekat tapi gabus pucung tetaplah menggoda, apalagi kala dinikmati hangat.

Salah satu warung makan yang menyajikan menu gabus pucung berlokasi di Desa Panyingkiran Kecamatan Rawamerta. Lokasi warung yang ada di pertigaan jalan Panyingkiran, Rengasdengklok, Lemahabang Wadas ini dikenal dengan sajian gabus pucung yang mantap.

Baca juga : Makanan Legendaris di Surga Kuliner Sepanjang Jalur Mudik

2. Tahu Bumbu, Karawang
Mampir ke Tempat Makan Ini Kalau Melintas Cikampek hingga IndramayuFoto: istimewa

Kalau memutuskan untuk istirahat di kawasan Karawang coba mampir untuk mencicip tahu bumbu yang enak. Di Karawang ada kedai Tahu Bumbu Sari Rasa yang bisa jadi tempat singgah beristirahat sekaligus memanjakan lidah.

Kedai yang berlokasi di Jalan Santiong Utara, Nagasari, Karawang Barat ini menawarkan irisan tahu putih kukus yang diguyur bumbu kacang. Pelengkapnya ada kerupuk renyah yang bikin tahu bumbu makin menggoda.

3. Pepes Walahar, Karawang
Mampir ke Tempat Makan Ini Kalau Melintas Cikampek hingga IndramayuFoto: istimewa

Rumah makan lain yang juga bisa disambangi kala melintas di Karawang adalah kedai pepes walahar milik H. Dirja. Di sini ada beragam jenis pepes mulai dari pepes oncom, ikan mas, tahu, jamur hingga peda.

Lokasinya yang dekat Bendungan Walahar membuat warung ini dikenal dengan pepes walahar. Saat musim mudik, kedai pepes yang satu ini tak pernah sepi pengunjung. Sebagai teman makan pepes, di sini juga ada nasi timbel yang pulen dan harum.

4. Sate Maranggi, Purwakarta
Mampir ke Tempat Makan Ini Kalau Melintas Cikampek hingga IndramayuFoto: istimewa

Jangan lewatkan kuliner yang satu ini kala melintas Purwakarta lewat jalur pantura. Jika melintas via tol, keluar sebentar menuju arah Jalan Cikopo. Sate Maranggi Cibungur Hj. Yetti menawarkan olahan sate sapi yang empuk dan enak dengan pelengkap sambal kecap.

Ruang parkir dan makan yang luas membuat banyak orang singgah sejenak untuk beristirahat sekaligus mengisi perut. Selain sate sapi, di sini juga ada sate ayam dan ikan bakar. Pesan juga es kelapa batok yang segarnya bikin semangat.

Baca juga : Sate Maranggi Cibungur: Manis Gurih Sate Daging yang Bikin Ketagihan

5. Pedesan Entog, Indramayu
Mampir ke Tempat Makan Ini Kalau Melintas Cikampek hingga IndramayuFoto: istimewa

Bagi penggemar makanan pedas, pastikan jangan melewatkan pedesan entog khas Indramayu. Entog atau bebek yang dimasak dengan bumbu pedas ini memiliki tekstur empuk dan gurih serta pastinya super pedas.

Salah satu warung pedesan entog yang bisa disambangi yakni Warung Pedesan Entog Mimi Desi yang ada di Jalan Olahraga, Indramayu. Santap dengan nasi putih saat masih hangat dijamin bikin lupa diet. (dvs/odi)