Rekomendasi Tempat Makan

Sebelum Mudik, Enaknya Buka Puasa dengan Ayam Goreng di 5 Restoran Legendaris

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 28 Mei 2019 14:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sebelum berangkat mudik, bisa berbuka puasa dengan aneka ayam goreng tradisional. Lima resto ayam legendaris ini punya olahan ayam goreng yang enak dan bikin nagih.

Berbeda dengan ayam goreng yang ada di gerai restoran cepat saji. Di wilayah Jakarta dan sekitarnya, masih ada beberapa restoran ayam goreng tradisional yang terus bertahan sejak puluhan tahun lalu. Restoran-restoran ini tak pernah kehilangan pelanggan setia.


1. Ayam Goreng Berkah

Sebelum Mudik, Enaknya Buka Puasa dengan Ayam Goreng  di 5 Restoran LegendarisFoto: Istimewa
Di wilayah Melawai, Jakarta Selatan, ada restoran Ayam Goreng Berkah yang sudah ada sejak tahun 1963. Setiap harinya restoran ini selalu dipenuhi pengunjung, yang rela mengantre untuk mendapatkan tempat duduk.

Untuk olahan ayam gorengnya terbilang sederhana, yaitu ayam diungkep dengan bumbu khas Jawa lalu digoreng hingga garing. Di sini menggunakan ayam kampung, sehingga tekstur rasa daging lebih gurih dan sedikit manis. Selain itu menu pelengkapnya ada tahu tempe, ati ampela, dan sayur asem.

Baca Juga: Ayam Goreng Jawa Berbumbu Sederhana yang Legendaris Ada di Sini

Ayam Goreng Berkah
Jl. Melawai XIII No.2.
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Telp: 0812-8445-7444


2. Ayam Goreng Ibu Haji
Sebelum Mudik, Enaknya Buka Puasa dengan Ayam Goreng  di 5 Restoran LegendarisFoto: Istimewa
Ke daerah Jatinegara, ada restoran Ayam Goreng Ibu Haji yang sudah buka sejak 60 tahun lalu. Sempat hangus terbakar di tahun 1998, tapi restoran ini masih bertahan hingga sekarang. Menu yang disajikan cukup sederhana, hanya ayam goreng dan sayur asem.

Ciri khas dari ayam goreng ini terletak pada bumbu ungkepnya yang kuning cerah, dan potongan ayam kampung yang besar. Selain itu cocolan sambal ulek merah, yang dipadukan dengan sayur asem juga tak kalah enak. Tersedia juga empak goreng yang disajikan dengan serundeng.

Ayam Goreng Ibu Haji
Jl. Bekasi Timur 1 No. 11.
Jatinegara, Jakarta Timur.
Telp: 021 8199814


3. Ayam Goreng Mat Lengket

Sebelum Mudik, Enaknya Buka Puasa dengan Ayam Goreng  di 5 Restoran LegendarisFoto: Istimewa
Berdiri sejak tahun 1973, warung makan sederhana Ayam Goreng Mat Lengket tak pernah kehilangan pelanggannya. Bahkan hingga Presiden Jokowi saja gemar makan nasi uduk, dan ayam goreng di sana. Mirip seperti warung nasi uduk lainnya, menu yang ditawarkan ada ayam goreng, ati ampela, semur jengkol, hingga kulit ayam.

Tentunya ayam goreng di sini menggunakan ayam kampung. Dibumbu dengan bumbu ungkep kuning, rasanya gurih dan empuk. Tak lupa nasi uduk khas Betawi yang menjadi menu andalan di sini, semakin membuat rasa ayam goreng tradisional ini enak.

Ayam Goreng Mat Lengket
Jl. Raya Bekasi No. 5.
Pulo Gadung, Jakarta Timur.
Telp: (021) 47869747


4. Ayam Goreng Haji Mardun

Sebelum Mudik, Enaknya Buka Puasa dengan Ayam Goreng  di 5 Restoran LegendarisFoto: Istimewa
Sudah ada sejak tahun 1960an silam, ayam goreng Haji Mardun terkenal legendaris dan hits di kalangan penggemar ayam goreng. Menu yang ditawarkan tentunya ada ayam goreng kampung, bisa pesan satu ekor atau potongan.

Menu lainnya ada hu bandung, semur kentang, sayur asem, bihun goreng dan sayur lodeh yang bisa dijadikan teman menikmati si ayam goreng. Selain itu ada nasi rames gaya Betawi yang berupa campuran semur kentang, bihun, lodeh, dan acar timun.

Baca Juga: Ayam Goreng Legendaris Haji Mardun!

Ayam Goreng H. Mardun Martinah
Jl. Mangga Besar Raya No. 90A.
Mangga Besar, Jakarta Barat.
Telp: (021) 6290229


5. Ayam Kremes Bu Tjondro

Sebelum Mudik, Enaknya Buka Puasa dengan Ayam Goreng  di 5 Restoran LegendarisFoto: Istimewa

Melipir sedikit ke wilayah Gading Serpong, ada restoran ayam goreng hits yang populer dan selalu dipenuhi pengunjung. Dibuka sejak tahun 1982, Ayam Kremes Bu Tjondro, terkenal dengan potongan ayam goreng kampung yang disajikan dengan kremes gurih renyah.

Ayam kremes disajikan dengan nasi putih hangat, sambal super pedas, dan lalapan segar. Selain menu ayam goreng, tersedia juga bebek muda goreng kremes, udang goreng kremes, hingga sayur urab yang tak kalah gurih.

Ayam Kremes Bu Tjondro Gading Serpong
Ruko Glaze 1, Gading Serpong.
Jl. Boulevard Raya No.8-9, Tangerang.
Telp: (021) 29000082 (sob/odi)