Cantiknya Bunga Hydrangea Jadi Tren Dessert Musiman di Jepang

Devi Setya - detikFood Senin, 27 Mei 2019 18:40 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Budaya Jepang berlaku juga saat pergantian musim, ada beberapa makanan yang hadir spesial di musim-musim tertentu. Seperti sajian bunga hydrangea yang cantik.

Berbagai bunga cantik tumbuh dan berkembang di Jepang pada musim tertentu. Misalnya bunga sakura yang bermekaran pada April, lalu bunga wisteria dan nemophila saat musim semi. Dilanjutkan bunga hydrangea yang muncul di bulan Juni.

Setiap musim bunga ini mekar, ada saja makanan maupun minuman yang dibuat dan dinikmati masyarakat Jepang. Kini menyambut mekarnya bunga hydrangea, ada banyak makanan yang jadi tren.
Cantiknya Bunga Hydrangea Jadi Tren Dessert Musiman di Jepang Foto: istimewa

Baca juga : Seger Banget! Es Serut Khas Jepang dengan Ragam Topping di Sini

Dikabarkan Japan Today (27/5) memasuki musim hujan banyak kafe yang menyajikan makanan berbahan bunga hydrangea atau hoterensia. Mulai dari sajian teh, manisan hingga aneka permen manis yang dibuat dengan campuran bunga hydrangea.


Salah satu kafe yang menawarkan menu unik dan cantik ini adalah Utokyuemon yang ada di Kyoto. Sepanjang musim hujan, kafe ini menghadirkan menu hydrangea parfait, hydrangea panna cotta, dan hydrangea kinton matcha.

Untuk menu parfaitnya, kafe ini menghadirkan warna ungu lavender yang cantik lalu disajikan dengan pasta ubi manis dan chesnut. Paket dessert ini juga disajikan dengan kue matcha, agar-agar dan sirup matcha.

Ada juga hydrangea panna cotta yang dibuat dengan gelatin rasa lemon, puding matcha dan agar-agar ungu cantik yang diolah menggunakan bunga hydrangea. Tak hanya cantik, dessert ini juga punya rasa yang enak dan lembut.
Cantiknya Bunga Hydrangea Jadi Tren Dessert Musiman di Jepang Foto: istimewa

Baca juga : Ini Jenis Bunga yang Tengah Hits Jadi Topping Makanan Kekinian

Terakhir ada kue kinton khas Jepang yang cantik berbentuk bulat kecil. Kue kinton ini bisa dinikmati langsung atau diberi tambahan es krim.

Berbagai kudapan manis bertema hydrangea ini tersedia hanya dalam jangka waktu terbatas yakni mulai 1 Juni hingga awal Juli. Periode penjualan menu ini mengikuti siklus merekahnya bunga hydrangea di beberapada daerah di Jepang. (dvs/odi)