Berada di Jepang, Donald Trump Santap Burger dan Robatayaki di Roppongi

Sonia Basoni - detikFood Senin, 27 Mei 2019 13:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Setelah bermain golf dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Donald Trump melanjutkannya dengan acara santap seru. Dari cicip burger hingga makan di Roppongi.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berkunjung ke Jepang untuk membicarakan tentang hubungan dagang antara Jepang dan Amerika Serikat, serta kaitannya dengan komoditas daging sapi. Selain bermain golf dan menonton pertandingan Sumo bersama, Trump dan Shinzo sempat juga berdiplomasi lewat kuliner di sana.

Baca Juga: Bukan Sushi atau Ramen, Donald Trump Lebih Pilih Burger Saat ke Jepang
Berada di Jepang, Donald Trump Santap Burger dan Robatayaki di RoppongiFoto: Istimewa
Berawal dari makan siang dengan burger double cheese di lapangan golf. Trump menyantap hidangan burger berlapis keju, dengan daging sapi impor AS. Trump memang tak bisa lepas dari burger, pada kunjungannya ke Jepang di tahun 2017, ia juga tetap menyantap burger.

Usai main golf dan makan siang bersama, acara bersantap dilanjutkan ke restoran Inakaya yang ada di wilayah Roppongi, Tokyo.

Dikabarkan Kyodo News (26/05), Abe mengajak Trump untuk mencicipi robatayaki, hidangan daging panggang khas Jepang yang menggunakan arang. Selain itu Trump juga bisa memilih memilih langsung aneka sayur, ikan, dan daging yang dipanggang langsung di depan mejanya.
Berada di Jepang, Donald Trump Santap Burger dan Robatayaki di RoppongiFoto: Istimewa
Sambil berdiskusi, Trump juga menyantap kentang Jepang yang dilapisi butter. Kemudian ada salad, daging ayam panggang, dan tak ketinggalan daging sapi wagyu yang menjadi ciri khas steak mahal di Jepang. Daging wagyu disajikan dengan sayuran brokoli dan wortel.

Untuk hidangan penutupnya, Trump memilih es krim rasa vanilla. Menu makanan ini dirilis oleh White House, dan tentunya disesuaikan dengan selera Presiden AS yang ke-45 ini.

Acara makan malam spesial di Inakaya ini tentunya dihadiri oleh Melania Trump, dan istri dari Abe, yaitu Akie Abe.
Berada di Jepang, Donald Trump Santap Burger dan Robatayaki di RoppongiFoto: Istimewa
Inakaya sendiri dikenal menyajikan berbagai hidangan tradisional khas Jepang yang autentik sejak tahun 1970. Seperti sashimi, aneka mie, hingga makanan pembuka tradisional seperti salmon roe yang disajikan dengan mentimun. Tak ketinggalan aneka minuman beralkohol khas Jepang, seperti sake. Kini Inakaya memiliki dua gerai, yaitu di Roppongi dan New York.

Berdiplomasi sambil kulineran di Jepang bukan pertama kalinya untuk Trump. Sebelumnya di tahun 2017 lalu, Trump sempat mampir untuk makan malam menyantap hidangan teppanyaki di restoran Ginza Ukai Tei. Di sana Trump menyantap steak mahal, scallop dari Hokkaido, dan es krim cokelat sundae.

Baca Juga: Begini Gaya Donald Trump Saat Makan Es Krim hingga Steak (sob/odi)