Kembali Dilelang, Dua Buah Melon Yubari Terjual Seharga Rp 655 Juta!

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 27 Mei 2019 12:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Dari hasil pelelangan tahun ini, sepasang melon Yubari terjual seharga Rp 655 juta! Apa, ya keistimewaan melon asal Jepang berharga fantastis itu?

Dilansir dari Asia One (26/5), jumat lalu sepasang melon Yubari baru saja dilelang di Sapporo Central Wholesale Market yang terletak di kawasan Hokkaido bagian utara. Dua buah melon itu akhirnya resmi dibawa pulang oleh Pocca Sapporo Food & Beverage.

Kembali Dilelang, Dua Buah Melon Yubari Terjual Seharga Rp 655 Juta! Foto: Istimewa

Perusahaan itu mengajukan harga tertinggi untuk dapatkan dua buah melon Yubari, yakni sebesar 5 juta yen atau sekitar Rp 655 juta. Angka ini hampir dua kali lipat angka hasil lelang dua buah melon Yubari di tahun 2017. Saat itu, dua buah melon premium tersebut terjual seharga 3 juta yen atau sekitar Rp 357 juta.

Baca juga: Tahun Ini Sepasang Melon Yubari Terjual Seharga Rp 357 Juta

Meski baru pertama kali mengikuti dan memenangkan pelelangan, Pocca Sapporo Food & Beverage yakin bisa menyajikan minuman dengan melon Yubari lezat. Pihaknya juga akan akan memamerkan kedua melon premium itu selama 10 hari usai pelelangan, di beberapa lokasi. Salah satunya di Bandara New Chitose Hokkaido.

Lalu, apa keistimewaan dari melon Yubari? Apa yang membuat melon ini begitu diinginkan banyak produsen makanan hingga terjual dengan harga fantastis?

Kembali Dilelang, Dua Buah Melon Yubari Terjual Seharga Rp 655 Juta! Foto: iStock

Pertama, karena melon Yubari punya karakteristik tersendiri. Daging buahnya sangat lembut dan juicy dengan sensasi manis segar di mulut. Kedua, penanaman melon Yubari yang dibatasi hingga membuatnya semakin eksklusif.

Soal tampilan, jika dilihat dari luar, melon Yubari memang terlihat mirip seperti melon pada umumnya. Namun memiliki guratan yang unik dan kulit yang tampak lebih tebal. Sedangkan warna daging buahnya oranye tua.

Hal lain yang membuatnya istimewa ialah pada tahun 2015, melon Yubari diberi status khusus sebagai produk yang dilindungi. Itu dikarenakan melon dari utara pulau Hokkaido itu memerlukan prawatan sangat cermat.

Kembali Dilelang, Dua Buah Melon Yubari Terjual Seharga Rp 655 Juta! Foto: Independent / Amazon

Dengan ditetapkannya sebagai produk yang dilindungi, siapa saja yang menggunakan melon Yaburi tanpa izin akan mendapat hukuman. Hal itu disampaikan langsung oleh pihak kementerian pertanian Jepang.

Saking premiumnya, melon jenis ini bahkan dianggap sebagai simbol status di Jepang yang setara dengan wine terbaik.

Baca juga: Daging Kobe dan Melon Yubari Dapat Status Perlindungan Khusus (dwa/odi)