ADVERTISEMENT

Restoran Kembalikan Uang Rp 24 Juta yang Ditemukan dalam Kue Ultah Pengunjung

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 24 Mei 2019 15:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Menemukan uang tunai dalam jumlah besar kerap membuat beberapa orang khilaf. Tapi di China ada restoran yang mengembalikan uang di dalam kue ultah pengunjung.

Tren money cake atau kue berisi uang tunai di dalamnya, memang tengah populer dan sering jadi kado sekaligus kue ulang tahun yang dipesan banyak orang. Mulai populer sejak tahun lalu, kreasi kue yang satu ini cukup unik, karena bagian dalam kue akan berisi uang tunai.

Baca Juga: Mewah! Ini Dia Kreasi Kue Uang Sungguhan yang Lagi Ngetren
Restoran Kembalikan Uang Rp 24 Juta yang Ditemukan dalam Kue Ultah PengunjungFoto: Istimewa

Tapi bagaimana jika uang tunai itu tidak ditemukan, dan tertinggal di restoran? Hal ini lah yang terjadi di salah satu restoran, yang berada di wilayah Yancheng, Provinsi Jiangsu, China Timur.

Dlansir Global Times (22/05), saat itu salah satu pegawai restoran di sana tengah membersihkan meja makan bekas tamu. Ia kemudian menemukan seikat uang kertas pecahan 100 yuan (Rp 209.035). Uang ini ditemukan menempel di dalam kue ulang tahun yang sudah dimakan setengah, dan ditinggalkan oleh pemiliknya.

Tak hanya selembar saja, tapi jumlah uang kertas 100 yuan di dalam kue ulang tahun itu sangat banyak. Bahkan setelah dihitung totalnya uang ini mencapai 11.600 yuan atau sekitar Rp 24.295.320!

Tentu saja penemuan uang ini membuat sang pegawai dan manajer restoran terkejut. Untungnya tamu yang meninggalkan kue berisi uang ini, memesan meja di ruangan khusus sehingga pihak restoran langsung menghubunginya kembali. Setelah dihubungi oleh pihak restoran, sang tamu yang bernama Zhou dan Xiaonan datang kembali ke restoran tersebut.
Restoran Kembalikan Uang Rp 24 Juta yang Ditemukan dalam Kue Ultah PengunjungFoto: Istimewa
Ternyata saat itu Zhou tengah merayakan ulang tahun sang istri, Xiaonan. Sementara kue ulang tahun ini dibawa oleh salah satu sahabat Xiaonan, sehingga mereka tidak tahu bahwa di dalam kue ulang tahun tersebut ada banyak uang tunai.

"Kita sudah menemukan 30 lembar kertas saat tengah makan malam. Tapi kita tidak sadar bahwa masih banyak uang yang tertinggal di dalam sana," tutur Zhou ketika ditanya mengapa dia tidak membawa sisa kue itu.

"Kami juga sempat minum sedikit dan terus mengobrol. Hingga sahabat Xiaonan pun lupa, bahwa uang yang ada di dalam sana belum terambil semua," lanjut Zhou. Tentu saja kisah ini langsung viral di media sosial China, seperti Sina Weibo.

Banyak netizen yang merasa iri, karena Xiaonan memiliki sahabat yang baik hati dan kaya raya.
Restoran Kembalikan Uang Rp 24 Juta yang Ditemukan dalam Kue Ultah PengunjungFoto: Istimewa

"Sejujurnya saya tidak terlalu perduli dengan uangnya. Tapi tolong berikan saya kue ulang tahun yang bagus seperti ini, atau kenalkan saya kepada temanmu!" tulis seorang netizen.

Tidak hanya di China saja. Tren money cake ini juga sudah ramai di Indonesia. Banyak toko kue online, yang spesial membuat pesanan kue ulang tahun dengan kejutan uang tunai di dalamnya. Salah satunya akun Instagram @stefanikwee, yang mempopulerkan tren money cake di Indonesia.

Untuk kisaran uang yang ditaruh ke dalam money cake juga bisa sesuai budget. Pecahan uang kertasnya cukup beragam, mulai dari pecahan Rp 2.000 hingga Rp 100.000 tergantung pesanan pembeli. Di Indonesia, tren money cake digemari karena orang-orang tak perlu menyiapkan kue dan hadiah lagi.

Jika mendapatkan money cake jangan pastikan uang kertas di dalam sudah benar-benar habis, agar tidak ada uang yang tertinggal.

Baca Juga: Ini 5 Kisah Haru Pelayan Restoran yang Dapat Tip hingga Ratusan Juta Rupiah (sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT