Ini 5 Kisah Haru Pelayan Restoran yang Dapat Tip hingga Ratusan Juta Rupiah

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 27 Mar 2019 13:51 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jumlah uang tip biasanya beberapa persen dari total bon makan. Tapi orang-orang dermawan ini justru memberi uang tip puluhan hingga rastusan juta rupiah!

Pemberian uang tip pada para pelayan restoran dilakukan untuk menghargai kinerja baik mereka. Biasanya jumlah uang tip berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Tapi beberapa orang ini justru memberi uang tip sebesar puluhan hingga ratusan juta rupiah. Para pelayan yang mendapat rezeki 'nomplok' itupun dinilai bernasib baik. Berikut kisah selengkapnya.

1. Tip sebesar Rp 280 juta

Ini 5 Kisah Haru Pelayan Restoran yang Dapat Tip hingga Ratusan Juta RupiahFoto: Istimewa

Uang tip dengan nominal fantastis ini diberikan oleh rapper terkenal asal Amerika Serikat, Drake. Hal ini terjadi pada akhir Januari lalu. Awalnya Drake menyambangi sebuah gerai cepat saji McDonald's di wilayah Los Angeles.

Suasana hati yang baik membuat Drake tergerak untuk memberi uang tip pada dua pelayan wanita yang melayaninya. Drake kemudian memberi uang tunai sebesar $10.000 (Rp 140 juta) pada tiap pegawai. Jadi total uang tunai yang dikeluarkan Drake sebesar $20.000 (Rp 280 juta). Hal itu sontak membuat kaget kedua pelayan yang bertugas. Kejadian inipun akhirnya viral di media sosial.

Baca juga: Mampir ke McDonald's, Drake Berikan Tip Rp 280 Juta ke Pegawai di Sana

2. Tip sebesar Rp 132 juta

Ini 5 Kisah Haru Pelayan Restoran yang Dapat Tip hingga Ratusan Juta RupiahFoto: iStock/Cosmopolitan

Cerita ini berasal dari dua turis Australia yang tengah berlibur ke Hawaii. Di sana, keduanya menyambangi sebuah restoran Thailand. Usai berbincang dengan salah seorang pelayan bernama Cayla Chandara, keduanya memutuskan untuk memberi tip sebesar $400 atau sekitar Rp 5,3 juta.

Alasannya disebut berkat kegigihan Cayla yang bekerja untuk membayar hutang pinjaman biaya kuliahnya di Hawaii. Usai diberi tip sebanyak itu, Cayla memberi sebuah dessert dan bunga sebagai ucapan terima kasih.

Sikap manis Cayla inilah yang dinilai lebih sehingga kedua turis tadi kembali berkunjung ke restoran tempat Cayla bekerja. Di sana, mereka memberi uang tip sebesar $10.000 atau sekitar Rp 132 juta sebagai uang pelunasan hutang pinjaman biaya sekolahnya. Kisah mengharukan ini terjadi pada awal April 2017.

3. Tip sebesar Rp 107 juta

Ini 5 Kisah Haru Pelayan Restoran yang Dapat Tip hingga Ratusan Juta RupiahFoto: iStock

Uang ratusan juta yang dijadikan tip oleh seorang wanita asal Rusia bernama Olesja Schemjakowa ini terjadi secara tidak sengaja. Sebenarnya Schemjakowa tidak ingin memberi uang tip sebanyak itu. Hanya saja, ia salah menekan angka pada mesin pembayaran kartu kredit.

Saat ingin memberi tip, Schemjakowa malah memasukkan kode PIN-nya, 7686 di mesin pembayaran kartu. Hal ini membuat Schemjakowa memberi 7709.70 Swiss franc atau setara Rp 107 juta sebagai uang tip. Padahal ia hanya berniat memberi uang tip sebesar 23.70 Swiss franc.

Sayangnya, uang tip pemberiannya tidak bisa dikembalikan lantaran Schemjakowa baru menyadari kekeliruan itu di akhir bulan, usai menerima tagihan kartu kredit. Selain itu, kafe tempatnya ngopi dan makan cake itu terancam alami kebangkrutan. Karenanya Schemjakowa membiarkan uang tip tersebut.

Baca juga: Tak Sengaja Masukkan PIN Kartu Kredit, Wanita Ini Malah Beri Tip Rp 107 Juta!

4. Tip sebesar Rp 72 juta

Ini 5 Kisah Haru Pelayan Restoran yang Dapat Tip hingga Ratusan Juta RupiahFoto: iStock/The Denver Post

Di Amerika Serikat, terdapat komunitas bernama 'Tips for Jesus'. Komunitas ini aktif bergerak dalam kegiatan amal di mana setiap tahunnya, mereka memberi uang tip dengan nominal besar pada seorang pelayan restoran yang beruntung. Komunitas ini sudah berjalan sejak tahun 2013.

Pada bulan November 2017, komunitas ini memberi uang tip sebesar $5.000 (Rp 72 juta) pada seorang pelayan bernama Caitlin Cahill di Guyer's Bar, Manhattan. Kabarnya, komunitas ini dikomandoi oleh pebisnis kaya Jack Selby.

5. Tip sebesar Rp 28 juta

Ini 5 Kisah Haru Pelayan Restoran yang Dapat Tip hingga Ratusan Juta RupiahFoto: Istock

Belum lama ini, pelayan di restoran yang berlokasi di Maine, Amerika Serikat menerima uang tip sebesar $2.000 atau sekitar Rp 28 juta. Tidak diketahui pasti siapa nama pria yang memberikan uang tip sebanyak itu.

Hanya saja pria itu datang bersama istrinya dan menyantap hidangan makan malam di restoran tersebut. Menurut sang pemilik restoran, bisa jadi uang tip itu diberikan karena kerjasama tim yang baik di antara para pelayannya.

(dwa/odi)