Kue Lebaran Enak

Tips agar Gula Putri Salju Menempel dan Lembut Lumer di Mulut

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 24 Mei 2019 13:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak
Jakarta - Masih tergolong kue ikonik Lebaran, putri salju juga selalu dicari. Ada tips agar gula putri salju menempel sempurna dan teksturnya lembut lumer di mulut.

Putri salju atau snow white cookies sangat populer di Indonesia, terutama saat Hari Raya. Tampilan kue kering ini berbeda dari yang lain karena dilapisi gula bubuk di seluruh permukaannya.

Putri salju ternyata bukan kue kering asli Indonesia. Pastry chef senior Yongki Gunawan menjelaskan kue ini dari Filipina dan sangat populer di sana. "Putri salju sebenarnya kue kering biasa, resepnya sama seperti membuat kastengesl dan kue kering lainnya. Bentuknya setengah bulan, kayak tapal kuda," kata Chef Yongki pada detikFood (20/5).

Tips agar Gula Putri Salju Menempel dan Lembut Lumer di MulutFoto: iStock

Baca Juga: Cara Membuat Kastengels Renyah dan Gurih

Untuk membuat putri salju yang lembut lumer di mulut pun triknya ada pada cara mengocok adonan. Kocok jadi satu mentega, gula dan telur.

Sebaiknya gunakan mentega yang sudah didinginkan lebih dulu lalu kocok menggunakan mikser sampai putih. Matikan mikser dan masukkan tepung terigu. Aduk dengan garpu, jangan pakai mikser.

Adonan putri salju pun siap dipanggang hingga matang. Tips agar gula putri salju menempel adalah taburi gula saat putri salju masih dalam keadaan panas. "Jadi nggak boleh taburi gula saat kue sudah dingin. Nanti gulanya tidak menempel. Harus dalam keadaan panas, begitu keluar masih panas. Kuenya masih empuk, langsung taburi dengan gula," jelas Chef Yongki.

Tips agar Gula Putri Salju Menempel dan Lembut Lumer di MulutFoto: iStock

Pria yang kerap mengadakan kurus bikin kue ini juga memberi tips jenis gula. Ia berujar, "Gula yang dipakai bukan gula halus biasa. Harus gula yang jenisnya fruktosa. Ada yang bentuknya bubuk, biasa disebut gula donat. Dia tidak bisa meleleh, kalau dimakan agak sedikit dingin-dingin. Itu yang benar."

Gula lain yang bisa dipakai adalah icing sugar. "Nggak ada rasa dinginnya tapi, hanya langsung manis saja," tambah Chef Yongki. Menurutnya, agar putri salju tampil berbeda, Anda bisa mengkreasikan rasanya. "Selain vanilla, bisa masukkan rasa green tea, strawberry, pistachio, atau kacang mete. Silakan berkreasi," tutupnya.

Baca Juga: Empuk Manis Donat Kentang dengan Taburan Gula

(adr/odi)
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak