Cerita Nikmat Donat

Empuk Manis Donat Kentang dengan Taburan Gula

Maya Safira - detikFood Rabu, 22 Feb 2017 19:10 WIB
Foto: iStock/Detikfood
Jakarta - Donat kentang sempat populer karena teksturnya yang empuk. Penjualnya ada di pasar hingga pusat perbelanjaan.

Menyebut donat, jenis donat kentang termasuk varian donat yang banyak disukai. Khususnya bagi penggemar "donat kampung" dengan topping klasik. Misalnya saja meisjes atau gula bubuk.

Dibanding donat terigu, jenis donat kentang punya kelebihan tekstur yang empuk. Ini karena ada campuran kentang tumbuk atau tepung kentang.

Empuk Manis Donat Kentang dengan Taburan GulaFoto: iStock/Detikfood


Dalam pembuatannya tepung terigu dicampur dengan gula, susu bubuk, dan ragi instan. Selanjutnya ditambah kentang halus, kuning telur, dan air dingin. Uleni sampai setengah kalis, tambah garam dan mentega lalu istirahatkan adonan. Baru dibentuk dan digoreng dalam minyak panas sampai kuning keemasan.

Bagi yang ingin lebih praktis, tinggal membeli donat kentang. Karena penjualnya tersebar baik di kaki lima, pasar hingga mall. Walau kini tidak sebanyak dulu yang menjalani bisnis donat kentang.

Beberapa tahun lalu donat kentang sempat begitu populer. Sehingga mudah mencarinya dimana-mana. Contohnya Fresco, gerai donat kentang yang bisa ditemui di beberapa pusat perbelanjaan.

Empuk Manis Donat Kentang dengan Taburan GulaFoto: iStock/Detikfood


Di Fresco, bahan mentah untuk adonan donat tiap hari dipasok dari pusat. Semuanya sudah dikemas dalam plastik-plastik sesuai takaran.

"Hari biasa dipasok untuk 8-9 adonan, kalau Sabtu dan Minggu bisa 18-19 adonan. Berat masing-masing adonan kurang tau berapa, karena sudah diplastik-plastik," ujar salah seorang penjaga gerai Fresco kepada Detikfood (21/02).

Empuk Manis Donat Kentang dengan Taburan GulaFoto: iStock/Detikfood


Nantinya penjaga gerai tinggal mencampur, menguleni dalam mesin dan mengistirahatkan adonannya. Kemudian donat dibentuk-bentuk seperti cincin. Donat baru akan digoreng saat ada pembeli. Sesuai pesanan mereka.

Donat kentang di Fresco dilengkapi dengan gula halus. Membuat rasanya makin enak. Tiap donat dijual seharga Rp 2.500.

Selain donat kentang, Fresco menjual camilan lainnya. Termasuk pastel, donat isi, risoles, dan donat pisang.


(msa/odi)