Hii..! Keju Ini Diracik Menggunakan Bakteri yang Ada Dalam Kulit Seleb

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 23 Mei 2019 18:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Jika biasanya keju terbuat dari susu. Kini hadir penemuan terbaru, di mana keju diracik menggunakan bakteri yang berada di dalam kulit para selebriti.

Menurut para arkeolog, setidaknya orang telah melakukan proses fermentasi selama lebih dari 9,200 tahun yang lalu. Tapi tidak semuanya yakin dengan hal ini. Karena proses fermentasi ini membutuhkan bakteri, di mana hasilnya akan menimbulkan aroma yang tajam.

Baca Juga: Gurih Asam, Keju Unik dari Susu Rusa hingga Susu Unta
Hii..! Keju Ini Diracik Menggunakan Bakteri yang Ada Dalam Kulit SelebFoto: Istimewa
Beberapa tahun ke belakang penemuan makanan yang menggabungkan beberapa bahan, memang sedang digandrungi. Sehingga muncul lah sebuah pameran makanan bernama "FOOD: Bigger than the Plate", yang menampilkan toilet terbuat dari kotoran sapi, dan juga keju manusia.

Dikabarkan Munchies (21/05), pameran makanan aneh ini diselenggarakan di London's Victoria & Albert Museum (V&A's), Inggris. Dari bulan Mei hingga pertengahan bulan Oktober nanti. Di dalamnya terdapat keju manusia yang menarik perhatian, karena dibuat dari bakteri kulit manusia.

Bukan hanya bakteri kulit manusia secara acak, tapi keju ini khusus menggunakan bakteri kulit dari para selebriti terkenal.
Hii..! Keju Ini Diracik Menggunakan Bakteri yang Ada Dalam Kulit SelebFoto: Istimewa
Biasanya keju dibuat menggunakan bakteri yang mengental di susu. Tapi di produk kali ini, keju dibuat dari para selebriti yang kulitnya diseka, dan bakterinya diambil untuk dikembangkan ke dalam keju. Salah satu selebriti yang berpartisipasi ada rapper Alex James, yang membuat keju itu, Chef Heston Blumenthal, hingga penulis makanan Rubt Tandoh.

"Keju ini mirip seperti selfie selebriti dalam bentuk keju," tulis V&A's dalam situs resmi mereka.

Tujuan untuk membuat keju dari bakteri kulit manusia ini, sebenarnya memiliki makna tersendiri. Keju ini dibuat untuk menantang orang rasa mual orang-orang, dan untuk menghargai dunia mikroba. Apalagi salah satu sampel kulit berasal dari daerah selangkangan, yang membuat orang-orang semakin tertarik dengan keju ini.
Hii..! Keju Ini Diracik Menggunakan Bakteri yang Ada Dalam Kulit SelebFoto: Istimewa
Meski begitu, keju dari bakteri kulit ini tidak bisa dimakan, dan hanya dibuat untuk dipajang selama pameran. Para pengunjung nantinya bisa mengabadikan foto keju unik yang satu ini.

Tak hanya keju bakteri saja. Sebelumnya keju jenis pule yang menggunakan susu keledai, dinobatkan sebagai keju paling mahal di dunia, dengan kisaran harga Rp 8.520.000 per 500 gram.

Baca Juga: Siapkan Uang Banyak! 5 Jenis Keju Ini Berharga Fantastis (sob/odi)