Zeer Pot, 'Kulkas' Ramah Lingkungan yang Bisa Dirakit Sendiri

Shara Azzhara - detikFood Kamis, 23 Mei 2019 17:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak orang mengandalkan kulkas untuk dinginkan makanan. Sebenarnya Anda bisa bikin alat pendingin sendiri bernama zeer pot.

Zeer pot merupakan dua wadah tembikar dan pasir basah yang umum digunakan sebagai pendingin. Di berbagai negara dunia, zeer pot sudah banyak dipakai. Sifatnya yang tahan lama, ramah lingkungan, dan hemat energi dimanfaatkan sejak dulu.

Zeer Pot, 'Kulkas' Ramah Lingkungan yang Bisa Dirakit SendiriFoto: Istimewa

Masyarakat Afrika dan Timur Tengah telah menggunakan metode yang mirip untuk menjaga makanan mereka dari cuaca yang sangat kering. Zeer pot pun dianggap bisa menjadi solusi pendingin makanan yang lebih baik.

Paul Smith Lomas, CEO Practical Action, yakni badan amal Inggris yang membantu orang di Amerika Latin, Afrika Timur dan Selatan, dan Asia Selatan menemukan solusi untuk tantangan sehari-hari, termasuk pengawetan makanan. "Kami ingin menemukan ide-ide cerdik yang dapat membantu orang menyelesaikan masalah mereka sendiri."

Zeer Pot, 'Kulkas' Ramah Lingkungan yang Bisa Dirakit SendiriFoto: Istimewa

Dikutip dari MSN (23/5), ada cara membuat zeer pot yang bisa Anda coba di rumah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan 2 panci tembikar tanpa glasir, yang satu berukuran besar dan satunya cukup untuk dimasukan ke dalamnya

2. Siapkan pasir dan air

3. Isi bagian panci tembikar yang lebih besar dengan pasir setinggi kira-kira 5 cm

4. Masukan panci yang lebih kecil ke dalamnya

5. Tuangkan air ke pasir tersebut

6. Tutup panci tembikar dengan tutup panci atau kain basah.

Baca juga: Bamboo Water, Air Ekstrak Daun Bambu Ini Bisa Jadi Pendingin Alami untuk Tubuh

Zeer Pot, 'Kulkas' Ramah Lingkungan yang Bisa Dirakit SendiriFoto: Istimewa


Dengan enam langkah tersebut, zeer pot Anda sudah siap untuk digunakan. Tambahkanlah air setiap hari agar temperatur dingin tetap terjaga karena zeer pot menggunakan metode penguapan untuk mendinginkan.

Saat air menguap melalui tembikar, maka akan terjadi pelepasan energi ke udara dan mendinginkkan bagian dalam panci tembikar. Lemari pendingin pun juga menggunakan metode penguapan yang sama. Itulah mengapa bagian belakang lemari pendingin selalu terasa hangat atau panas.

Pendingin ini sangat berguna saat tidak ada daya listrik serta ramah lingkungan karena tidak membutuhkan bahan bakar. Zeer pot akan lebih efektif mendinginkan makanan jika diletakan pada area yang terkena sinar matahari atau angin.

Zeer Pot, 'Kulkas' Ramah Lingkungan yang Bisa Dirakit SendiriFoto: Istimewa

Metode ini bekerja sangat baik di Sudan, dimana Practical Action memperkenalkan zeer pot untuk menjawab kebutuhan pendinginan makanan di daerah tersebut.

Menurut situs web Practical Action, seorang wanita bernama Hawa Abbas, selama ini sering mengalami okra, tomat, dan tanaman wortelnya rusak karena iklim yang snagat kering. Setelah menemukan pot zeer, buah dan sayur bisa disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Baca juga: 6 Bahan Alami di Dapur Ini Bisa Jadi Pengawet Makanan yang Sehat

(adr/adr)