Menu Ramadhan Sehat, Tuna Panggang dan Smoothies ala Tunangan Deddy Corbuzier

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 23 Mei 2019 02:39 WIB
Foto: Dok. Instagram/sabrinachairunnisa_ Foto: Dok. Instagram/sabrinachairunnisa_
Jakarta - Tunangan Deddy Corbuzier, Sabrina Chairunnisa aktif bagikan resep sehat termasuk untuk sahur dan buka puasa. Beberapa ide menunya bisa jadi rekomendasi untuk tetap sehat di bulan Ramadhan.

Sabrina terkenal dengan gaya hidup sehatnya. Ia rajin olahraga sekaligus giat mengonsumsi makanan sehat. Berbagai tips memilih bahan makanan sehat hingga mengolahnya kerap ia bagikan kepada lebih dari 203.000 followersnya di Instagram.

Untuk menu sahur pun, wanita peraih gelar master di bidang ilmu komunikasi ini membagikan resep sehat, praktis, dan enak. Sabrina membuat nasi nasi merah dengan lauk tuna panggang dan tumis kangkung.

Menu Ramadhan Sehat, Tuna Panggang dan Smoothies ala Tunangan Deddy CorbuzierFoto: Instagram sabrinachairunnisa_

Nasi merah sengaja dipilih agar mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Untuk tuna panggang, Sabrina hanya memakai tambahan bumbu minimalis. Begitu juga dengan tumis kangkung. "Hanya pakai bawang + irisan cabe + lada + sea salt)," tulisnya.

Baca Juga: Menu Sehat Tapi Enak, Sabrina Chairunnisa Bikin Ayam Panggang hingga Spaghetti

Ia juga mengatakan tak mengapa sesekali konsumsi minyak. Sabrina mengungkap, "Tumis2 boleh lah.. biar ga mahal gausa pakai olive oil pakai minyak kelapa / minyak sayur juga bisa." Meski begitu, ia menyarankan pemakaian olive oil. Ada jenis yang bisa dijadikan salad dressing saja, namun ada pula yang bisa dipakai untuk menggoreng.

Menu Ramadhan Sehat, Tuna Panggang dan Smoothies ala Tunangan Deddy CorbuzierFoto: Instagram sabrinachairunnisa_

Selain tuna panggang, Sabrina juga pernah membuat Grilled Salmon dengan Spaghetti Aglio Olio jamur untuk sahur. Racikan ala dirinya memakai banyak bawang putih dan cabai rawit. Sementara marinasi salmonnya memakai bawang putih, lemon, unsalted butter, cabe rawit, sea salt, ketumbar bubuk, lada bubuk, dan daun oregano.

Untuk buka puasa, wanita berambut panjang ini menyarankan konsumsi smoothies sehat. Alih-alih makan kolak atau es buah tinggi kalori, smoothies bisa diracik dengan ragam buah segar dan enak. Sabrina meraciknya dari irisan pisang, kiwi, almond, air kelapa, air lemon, dan plain yogurt. Ia juga menambahkan kelapa kering perut.

Menu Ramadhan Sehat, Tuna Panggang dan Smoothies ala Tunangan Deddy CorbuzierFoto: Instagram sabrinachairunnisa_

Untuk membuatnya, masukkan semua bahan smoothies ke dalam hand blender. Yogurt dan air lemon lalu dimasukkan terakhir untuk menambahkan sensasi asam menyegarkan. Pilihan lainnya adalah smoothies dengan tambahan strawberry beku dan buah naga. "Gulanya alami dari buah-buahan, tambahkan juga bubuk protein. Dan ini bikin kalian KENYANG! Tapi sehat... Proteinnya cukup, vitamin, carbonya juga tetep ada dari buah," tulis Sabrina.

Berkat rekomendasinya, banyak followers Sabrina di Instagram merasakan manfaat positif. Rata-rata mereka senang bisa turun berat badan dengan mengikuti menu racikan Sabrina. Nah, kamu tertarik coba?

Baca Juga: Ke Jepang, Ini Jajanan Enak yang Dicicip Sabrina Chairunnisa, Finalis Puteri Indonesia

(adr/odi)